Rabu 18 Dec 2019 20:03 WIB

NTT Dapat Hibah Rp 80 M Bangun Trans Flores

NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Labuan Bajo.  NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020.
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Labuan Bajo. NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Pusat sekitar Rp 80 miliar. Hibah itu digunakan untuk pembangunan jalan trans utara Pulau Flores pada 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli mengatakan jumlah dana hibah tersebut naik dibandingkan pada 2019 sebesar Rp 23 miliar. Dia mengatakan, pembangunan jalan trans utara Pulau Flores sudah dimulai pada 2019.

Baca Juga

Pembangunan sudah dimulai dari wilayah Nggorang di Kabupaten Manggarai Barat dan akan diteruskan menuju wilayah Riung di Kabupaten Ngada hingga Kabupaten Sikka. "Trans utara Flores ini akan kita selesaikan dengan dukungan dana hibah yang totalnya mencapai sekitar Rp 130 miliar lebih sampai 2021," katanya.

Lecky Koli menjelaskan, pembangunan jalan dilakukan dalam skema pengembangan wilayah Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang telah ditetapkan pemerintah sebagai daerah tujuan wisata super prioritas. Menurutnya, jalan trans utara ini sangat penting untuk dibenahi demi membuka akses ekonomi masyarakat. Banyak potensi sumber daya alam maupun pariwisata yang menyebar di wilayah utara Pulau Flores.

Dengan akses jalan yang lancar, maka sektor pariwisata di utara Pulau Flores yang selama ini sulit terjangkau bisa terbuka. Dengan demikian dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai wisata penyanggah destinasi utama di Labuan Bajo.

"Prinsipnya infrastruktur jalan ini kunci utama yang bisa memicu berkembangnya berbagai sektor pembangunan. Karena itu, trans utara Flores ini jadi prioritas pemerintah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement