Selasa 17 Dec 2019 15:15 WIB

Posko Nataru Dibuka di Bandara YIA dan Adisutjipto

Personil yang disiapkan terdiri dari internal AP I, TNI, dan pihak kepolisian.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
Foto: Yusuf Assidiq.
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) akan membuka posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Yogyakarta International Airport (YIA) dan Bandara Adisutjipto mulai 19 Desember nanti. Posko ini akan dibuka selama 19 hari hingga 6 Januari.

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, ada penambahan ratusan personil yang disiapkan di YIA dan Adisutjipto. Personil yang disiapkan terdiri dari internal AP I, TNI, dan pihak kepolisian.

"Kalau di Adisutjipto sekitar 100 personil, 50 dari AP 1, 50 eksternal. YIA tadi saya persiapkan 105, 49 AP I sisanya eksternal, Polres, dan TNI," kata Pandu, saat dikonfirmasi.

Saat Nataru nanti, akan ada penambahan penerbangan atau extra flight. Extra flight ini akan dipusatkan di YIA. "Saya sudah declare ke teman-teman airline, khusus untuk Nataru tahun ini extra flight tidak diperkenankan dulu di Adisutjipto. Seluruhnya di YI," jelasnya. 

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, pembangunan YIA hampir rampung. Ditargetkan pembangunnanya mencapai 100 persen awal 2020.

Dengan begitu, YIA dapat beroperasi secara penuh pada Maret 2020. Sehingga, seluruh penerbangan dapat dipindahkan dari Bandara Internasional Adisutjipto ke YIA.

"Pemindahan seluruh rute domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto ke YIA ditargetkan dilaksanakan pada akhir Maret 2020," kata Faik, belum lama ini. 

Saat ini, YIA telah melayani 13 rute untuk penerbangan domestik. Rute tersebut yakni Denpasar, Cengkareng, Halim Perdanakusuma, Banjarmasin, Palembang, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Medan, Tarakan, Balikpapan, Batam, dan Pontianak.

Rute-rute tersebut, katanya, dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air. Terkait pemindahan penerbangan dari Adisutjipto ke YIA, nantinya akan melibatkan banyak pihak.

"Sehingga, serentak atau tidaknya proses pemindahan penerbangan juga bergantung pada kesiapan masing-masing maskapai penerbangan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement