Selasa 17 Dec 2019 06:04 WIB

Dilanda Hujan dan Angin, Rumah Warga di Kuningan Ambruk

Seorang warga juga mengalami luka ringan setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko
Angin kencang.foto (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/JONNEL MARIBOJOC
Angin kencang.foto (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Hujan lebat dan angin kencang telah membuat dua rumah warga di Dusun Manis RT 08 RW 03, Desa Karangmangu, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, rusak sedang. Seorang warga juga mengalami luka ringan setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, Senin (16/12) malam, peristiwa itu bermula saat hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir melanda Dusun Manis mulai pukul 15.00 – 16.00 WIB. Selang 30 menit setelah hujan turun, tembok rumah lantai dua milik warga bernama Ade Ismail (47), yang belum selesai pengerjaannya, tiba-tiba ambruk.

Baca Juga

Ambruknya tembok itu kemudian menimpa atap genting  rumah warga bernama Sukarma (38), yang berada di bawah rumah Ade. Peristiwa tersebut juga membuat Sukarma mengalami luka ringan di bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan material bangunan.

‘’Selain membuat seorang warga terluka, peristiwa itu juga membuat dua rumah tersebut mengalami rusak sedang,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin.

Setelah mendapat laporan itu, BPBD menurunkan tim asessment. Aparat desa dibantu warga dan TNI, Polri kemudian melakukan pembongkaran dan pembersihan material tembok dan atap yang ambruk.

Namun, penanganan dihentikan sementara karena hujan dan rencananya akan dilanjutkan pada Selasa (17/12). Sedangkan korban luka, dirujuk ke RS Linggarjati untuk pengecekan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement