Selasa 17 Dec 2019 01:35 WIB

Jika Digigit Ular, Lakukan Langkah Penyelamatan Ini

Pertolongan pertama ketika dipatuk ular berbisa adalah berusaha tetap tenang.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

DEPOK, AYOBANDUNG.COM -- Belakangan banyak ditemukan ular kobra di permukiman warga di sejumlah daerah seperti Bekasi, Bogor, hingga Sukabumi. Jika ada pihak yang digigit ular, lakukan langkah-langkah berikut.

Melansir dari Suara.com, adapun pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika diri sendiri atau orang lain dipatuk ular berbisa, salah satunya tetap tenang.

Usahakan Anda dan orang yang digigit ular mengingat kejadian, jenis, warna, dan ukurannya. Setelah digigit, sebaiknya korban jangan terlalu banyak bergerak.

AYO BACA : Asyik Berpose dengan Ular Kobra, Pria Ini Langsung Meninggal Dunia

Letakkan bagian tubuh yang dipatuk ular dalam posisi lebih rendah daripada bagian tubuh lain. Anda juga perlu membersihkan bagian tubuh yang digigit menggunakan air bersih lalu tutup kain kering.

Lebih baik lepaskan cincin atau perhiasaan apapun yang bisa memperparah anggota tubuh yang membengkak. Selain lepas perhiasan, Anda juga harus melonggarkan atau melepaskan pakaian.

Setelah melakukan atau memberi pertolongan pertama, jangan menunda untuk segera mencari pertolongan medis.

AYO BACA : Warga Arjasari Meninggal Setelah Digigit Ular Kobra Saat Atraksi

Di sisi lain, seiring peralihan ke musim hujan, belasan ular kobra ditemukan di permukiman warga. Di Sukabumi, sedikitnya 18 ekor ular berbagai jenis diamankan petugas BPBD Kota Sukabumi dalam sepekan terakhir.

Penemuan ular-ular ini cukup meresahkan warga. Apalagi setelah pedagang pasar dari Kota Depok, Jawa Barat, menjadi korban gigitan ular kobra.

Merdy Setiawan, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, mengakui laporan kasus penemuan ular di pemukiman warga memang meningkat tajam.

Ular menjadi salah satu hewan yang paling banyak ditemukan di negara tropis, seperti Indonesia. Jenis gigitan ular pun bisa berbisa atau tidak berbisa.

AYO BACA : Bukan King Kobra, Ini Jenis Ular yang Resahkan Warga Bojonggede Bogor

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement