Selasa 17 Dec 2019 00:31 WIB

Mengapa Kobra Suka Sembunyi di Sepatu? Ini Penjelasannya

Ular kobra punya tempat favorit seperti tumpukan kardus dan sepatu.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Kemunculan ular kobra di beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Bogor, Purwakarta, dan Bekasi cukup meresahkan masyarakat. Apalagi, hewan tersebut punya tempat favorit seperti tumpukan kardus dan sepatu.

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Diky Sapta Aji, meminta warga untuk lebih peduli pada kebersihan lingkungan, baik di luar maupun dalam rumah. Salah satu yang jadi perhatian adalah cara menyimpan sepatu.

“Sepatu juga perlu diperhatikan karena ular suka sekali ngumpet di situ. Kalau bisa jangan asal taruh sepatu di luar atau teras rumah,” kata Diky saat dihubungi Ayobekasi.net, Minggu (15/12/2019).

Hewan melata, khususnya ular disebut gemar bersembunyi di tempat-tempat yang gelap, lembap, dan tidak terjangkau manusia. Terutama pada saat menetaskan telur-telurnya. Hal inilah yang perlu diwaspadai agar tidak mengganggu, bahkan mengancam nyawa.

“Kalau mau pakai sepatu dilihat dulu, jangan asal pakai saja. Simpannya juga di dalam rumah saja, di tempat atau rak terang. Boleh dikasih kamper di bagian dalam sepatu,” ujarnya.

Diky mengungkapkan, tidak hanya hewan jenis ular saja, tapi binatang melata lain seperti kadal dan biawak jadi cukup sering ditemukan. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar di kondisi udara lembap seperti sekarang.

Dia mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari tempat-tempat yang rawan menjadi sarang ular seperti rawa maupun kebun yang banyak terdapat semak belukar.

“Kalau menemukan ada ular, jangan main tangkap karena berbahaya. Bisanya mematikan. Lebih baik hubungi kami atau petugas Damkar untuk mengevakuasi ular itu,” ujarnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement