Selasa 10 Dec 2019 20:26 WIB

Cegah Potensi Penyakit, Pradi Ingatkan Warga Pentingnya PHBS

Kesadaran hidup bersih dan sehat ini harus dimulai dari diri sendiri.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, mengingatkan warga akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Apalagi saat memasuki musim penghujan, warga diminta selalu waspada terhadap potensi penyakit.

"Warga harus selalu menerapkan PHBS guna mencegah potensi penyakit, apalagi di musim penghujan, penyakit lebih mudah datang," kata Pradi di Balai Kota Depok, Selasa (10/12).

Pradi menambahkan, di musim penghujan, warga harus mengantisipasi penyakit dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. "Bersihkan saluran, benda bekas harus dipendam agar tidak menjadi sarang nyamuk. Warga harus mulai mencegah adanya genangan air yang menjadi tempat berkembang nyamuk," jelas dia.

Menurut Pradi, kesadaran hidup bersih dan sehat ini harus dimulai dari diri sendiri hingga lingkungan masyarakat. "Saya mengajak kader kesehatan di tingkat puskesmas, posyandu, untuk melakukan langkah pencegahan (preventif) melalui sosialisasi. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih waspada dan terhindar berbagai penyakit saat musim penghujan," ujarnya.

Penerapan PHBS, lanjut Pradi, tanggung jawab bersama agar menjaga lingkungan supaya tetap sehat dan bersih. "Penerapan PHBS sangat menentukan agar kita terhindar dari penyakit demam berdarah, termasuk juga penyakit-penyakit lainnya," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement