Kamis 05 Dec 2019 16:11 WIB

Purwakarta Tingkatkan UMKM Lewat Pariwisata

UMKM cenderung meningkat sesaat setelah sektor pariwisata berkembang pesat.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)
Foto: Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Kabupaten Purwakarta berupaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya, salah satunya pelaku UMKM. Peningkatan ekonomi UMKM ini digenjot melalui pengembangan pariwisata.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjelaskan, penataan sektor pariwisata selama ini memang sudah menjadi agenda yang masuk ke dalam rencana kerjanya. Menurutnya, sektor pariwisata bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya.

"Dari pariwisata, dipastikan akan tumbuh ekonomi-ekonomi kreatif masyarakat," kata Anne, Kamis (5/12).

Anne menambahkan, sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung meningkat sesaat setelah sektor pariwisata berkembang pesat. Atas dasar itu, pihaknya optimistis sektor UMKM ini bisa terus berkembang dimasa mendatang.

Atas dasar perhatiannya pada UMKM dan pariwisata Anne mendapatkan apresiasi apresiasi dan penghargaan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (OTDA), Kementerian Dalam Negeri RI lewat ajang Regional Leader Enterpreneur Awards 2019 yang bekerjasama dengan Markplus.Inc. Anne mengaku, pihaknya cukup bangga dengan mendapatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini akan menjadi spirit kepada jajarannya untuk terus berinovasi agar dapat terus meningkatkan perekononian masyarakat.

"Kami akan terus mendorong, tak terkecuali sektor pariwisata. Karena, kami menilai sektor wisata bisa menjadi salah satu pendongkrak perekonomian warga," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement