Rabu 04 Dec 2019 22:39 WIB

Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan Cirebon-Bandung

Upaya pembersihan pohon tumbang tetap dilakukan di tengah derasnya hujan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko
(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang, yang menjadi salah satu pertanda pancaroba atau peralihan musim.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang, yang menjadi salah satu pertanda pancaroba atau peralihan musim.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Sebuah pohon petai cina tumbang hingga menghambat akses jalan raya Cirebon – Bandung, tepatnya di Blok Kamuningasri, Desa Garawangi, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Rabu (4/12) malam. Upaya pembersihan tetap dilakukan di tengah derasnya hujan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, laju kendaraan di ruas jalan itu jadi terhambat karena pohon tumbang dalam posisi melintang hingga menutupi sebagian akses jalan.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melalui Kapolsek Sumberjaya, AKP Simangungsong, menjelaskan, tumbangnya pohon tersebut berawal dari hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang, sejak pukul 17.00 hingga 19.30 WIB.

‘’Pohon itu tumbang diduga karena sudah rapuh,’’ ujar Simangungsong, Rabu (4/12). 

Pohon petai cina yang tumbang tersebut diketahui milik seorang warga bernama Syuk. Beruntung, tidak ada pengguna jalan yang tertimpa pohon yang tumbang itu.

Simangungsong menerangkan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, sejumlah anggotanya langsung menuju lokasi kejadian. Dalam kondisi hujan deras, para anggota polisi itu membersihkan pohon tumbang yang melintang dan menghambat laju kendaraan.

‘’Meski hujan deras, namun anggota terus bekerja menyingkirkan pohon yang mengganggu arus lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan,’’ tukas Simangungsong.

Dengan adanya peristiwa itu, Simangungsong mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati jika melintasi jalan raya yang banyak pepohonan. Apalagi pada waktu hujan lebat yang disertai angin kencang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement