Rabu 04 Dec 2019 13:28 WIB

Sejumlah DPD Sampaikan Dukungan untuk Airlangga

Airlangga mendapat dukungan dari berbagai DPD.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat acara Musyawarah Nasional ke-10 Partai Golkar, di Jakarta, Selasa (3/12).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat acara Musyawarah Nasional ke-10 Partai Golkar, di Jakarta, Selasa (3/12).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah Ketua DPD Tingkat I mulai menyampaikan dukungan pada Airlangga Hartarto untuk kembali duduk sebagai Ketua Umum Golkar dalam agenda pemandangan umum Munas Partai Golkar pada Rabu (4/12).

Ketua DPD Sulawesi Utara Tetty Paruntu menyampaikan dukungan untuk Airlangga. Ia menyebut, 15 DPD II di Sulawesi Utara menyetujui Airlangga untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum. Bahkan, Tetty mendorong Airlangga untuk menjadi Capres di tahun 2024.

Baca Juga

Ketua DPD Jabar Dedi Mulyadi menyebutkan, 27 DPD II di Jabar bulat mendukung Airlangga. "Airlangga harus bersedia jadi ketum dipilih dan ditetapkan," ujar dia. 

Ketua DPD Sumatra Utara Ahmad Doli Kurnia juga menegaskan dukungan untuk Airlangga. Ia menegaskan, 33 kabupaten/kota juga mendukung Airlangga kembali menjabat sebagai orang nomor satu Golkar. "Kita utamakan ketum kita Bapak Airlangga Hartarto," ucap Doli. 

Dari Gorontalo, Rusli Habibie menegaskan dukungan enam Ketua DPD Golkar se-Gorontalo untuk mendukung Airlangga. "Memohon kepada beliau bersedia kami calonkan lagi jadi ketum. Kami akan berusaha beliau jadi calon presiden 2024 agar kita tidak habiskan waktu mendorong kader lain," ujarnya. 

Ketua DPD NTT Melki Laka Lena menyebut, 22 dukungan DPD tingkat II di NTT turut mendukung Golkar. Tak berbeda, Ketua DPD Papua Klemen Tinal juga menggelontorkan 30 suara untuk mendukung Bamsoet. "1000 persen,"  ujarnya. 

Dukungan juga diberikan Ketua DPD Sumsel Alex Noerdin, Ketua DPD Kalimantan Barat Nursyam, Papua Barat, Bengkulu dan Maluku Utara. Dukungan dukungan itu disampaikan saat Pemandangan Umum, setelah Airlangga menyampaikan laporan pertanggungjawaban. 

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, bila seluruh DPD dalam pandangan umum Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada Rabu (4/12) mendukung Airlangga Hartarto, maka aklamasi bisa dilakukan segera. 

"Kemungkinan hari ini (aklamasi), walaupun penetapannya bisa dilakukan pada besok," ujar Ace yang juga loyalis Airlangga di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12).

Ace mengatakan, pandangan - pandangan ketua dewan pimpinan daerah dan organisasi Golkar pada Rabu ini menyatakan dukungan kepada Airlangga, maka pandangan akan dijadikan dasar pada sidang paripurna setelahnya. Bila dukungan itu bulat, maka Airlangga akan diaklamasi untuk kembali menjabat sebagai ketua umum Golkar. 

"Memberikan satu keputusannya nanti kecendeungannya aklamasi," kata Ace. Sejumlah pimpinan DPD I (provinsi), dalam pandangan umum sendiri sudah menegaskan dukungan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement