Jumat 29 Nov 2019 16:30 WIB

KLHK Kembali Gelar Aksi Bersih Pantai

Melalui aksi bersih pantai, Indonesia berkomitmen mengurangi sampah padat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah padat sejumlah 70 persen pada tahun 2025 kembali dikukuhkan. Ini dilakukan melalui penyelenggaraan Aksi Bersih Pantai yang kali ini dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk pada Sabtu (30/11) . 

Aksi Bersih Pantai ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Aksi Bersih Pantai bertajuk “ASEAN Coastal Clean-Up 2019” ini akan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dan dihadiri oleh 20 Duta Besar dan/atau Perwakilan dari Negara Anggota ASEAN dan Negara Mitra ASEAN.  

Menteri LHK  Siti Nurbaya mengatkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya konkret Indonesia untuk merespon tantangan baru masyarakat global dalam menjaga ekosistem laut. Yakni isu sampah plastik dan mikroplastik. 

"Tantangan baru ini telah menimbulkan permasalahan lingkungan, ekonomi, kesehatan, dan permasalahan sosial yang mengancam kehidupan manusia serta biota laut. Selain dalam Perpres No. 83 tahun 2018 mengenai Penanganan Sampah Laut, Indonesia juga telah menetapkan Rencana Aksi Nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta menghubungkan seluruh sektor yang berfokus pada pencemaran yang berbasis daratan," kata Siti Nurbaya melalui siaran persnya, Jumat (29/11).

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut bekerja sama dengan Pusat Informasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia di Pantai Mertasari, Sanur, Bali. 

Kegiatan ini merupakan ekspresi kesadaran masyarakat dunia dalam memerangi sampah plastik di laut, serta menciptakan dampak yang lebih luas pada generasi muda untuk lebih terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Pasalnya, pada kesempatan tersebut, 1221 pemuda delegasi 3rd Asia World Model United Nations (AWMUN III) dari 78 negara turut menjadi peserta bersama dengan jajaran pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, RC3S (Regional Capacity for Clean Seas), dan komunitas seperti Eco Bali, dan Trash Hero.

Tercatat sepanjang tahun 2015-2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama seluruh partner telah melaksanakan Aksi Bersih Pantai di 29 lokasi yang melibatkan 19.581 peserta dengan total sampah yang dikumpulkan sebanyak 42,8 ton. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement