Rabu 27 Nov 2019 12:44 WIB

Bus Kramat Djati Terperosok ke Sawah, Dua Meninggal Dunia

Bus Kramat Djati B 7533 V mengalami kecelakaan tunggal di Tol Surabaya-Mojokerto.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Petugas mempersiapkan peresmian pengoperasian Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) di Gerbang Tol Penompo, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (19/3).
Foto: Antara/Zabur Karuru
[ilustrasi] Petugas mempersiapkan peresmian pengoperasian Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) di Gerbang Tol Penompo, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bus PO. Kramat Djati dengan Nopol B 7533 V mengalami kecelakaan tunggal di Tol Surabaya-Mojokerto, tepatnya di kilometer 718 ruas B pada Rabu (27/11). Kecelakaan terjadi setelah bus yang dikendarai Masrur (42) tiba-tiba oleng ke kanan dan menabrak pembatas pembatas tol di jalur B, sebelum akhirnya kendaraan masuk ke sawah milik warga dan terbalik.

Kanit 3 Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim AKP Lamudji mengungkapkan, bus tersebut mengangkut 32 penumpang. Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua penumpang di antaranya meninggal dunia, enam orang luka berat, 13 orang luka ringan, dan sisanya selamat.

Baca Juga

"Korban yang meninggal dunia maupun luka dibawa ke RS Citra Medika Mojokerto, RS Anwar Medika Krian, dan RS. Petrokimia Driyorejo Gresik untuk mendapat perawatan lebih lanjut," ujar Lamudji, dikonfirmasi Rabu (27/11).

Lamudji menjelaskan, kendaraan Bus PO. Kramat Djati pada Selasa (26/11) berangkat dari Terminal Pulau Gebang Jakarta Timur dengan dikemudikan oleh Masrur (42). Kendaraan sempat istirahat di RM. Singgalang, Cikedung Subang, sebelum kemudi diambil alih sopor kedua, Hadi Rosidi (50) sampai masuk akses tol Colok Madu, Solo, Jateng. Di sana kemudi kembali diambil aloh oleh Masrur, dan sempay istirahat di Rest Area RM. Utama Caruban Madiun.

Setelah istirahat, lanjut Lamudji, bus melanjutkan perjalanan dengan kecepatan diperkirakan 100 kilometer per jam, karena arus lalu lintas sepi lancar. Setibanya di KM 718, tiba-tiba pengemudi merasa mengantuk. Lalu, bus oleng ke kanan dan menabrak pembatas U-turn rantai yang berada di tenggah. Kendaraan masih melaju dan menabrak pembatas tol di jalur B lalu kendaraan masuk ke sawah milik warga.

"Kecelakaan diduga terjadi karena pengemudi kendaraan Bus PO. Kramat Djati ngantuk dan tidak konsentrasi dalam mengemudikan kerdaraan. Sehingga kendaraan oleng ke kanan dan menabrak pembatas tol sehingga terjadi kecelakaan," ujar Lamudji.

Lamudji menyatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait kasus tersebut. Dia kemudian mengungkapkan dua identitas penumpang yang meninggal dunia. Yakni seorang perempuan (nihil identitas), yang umurnya diperkirakan 50 tahun, yang meninggal di TKP. Kemudian korban meninggal dunia lainnya adalah Doni (40) warga Ciputra Raya Pondok Pinang Jakarta Selatan, yang meninggal di RS. Citra Medika Mojokerto.

Berikut data korban luka-luka:

  1. An. Katijah, Pr, 70 th, Alamat Probolinggo, ( luka Patah tulang paha atas sebelah kanan). di rawat di RS. Anwar Medika Krian.
  2. An. Rafi, lk, 1 th, Alamat Probolinggo.di rawat di RS. Petrokimia Driyorejo Gresik. ( mengalami luka sobek di kepala).
  3. An. Zamharioh, Pr, 39 th, Alamat Banjar mundu Bayur Melaya Bali. di Rawat di RS. Petrokimia Driyorejo Gresik. ( luka Patah tulang kaki kanan, tangan kanan dan kiri serta lecet di kepala).
  4. An. Ripko, lk, 46 th, Alamat Banjar Mundu Bayur Melaya Bali. di rawat di RS. Petrokimia Driyorejo Gresik. ( luka Nyeri dada sebelah kiri dan pinggang kiri).
  5. An. Kustiningsih, Pr, 50 th, Alamat Kampung Karangsari 02/04 Kilensari Panarukan. di rawat di RS. Petrokimia Driyorejo Gresik.( mengalami sesak dada dan nyeri serta).
  6. An. Rachmad Sudjali, lk, 66 th, Alamat Mawar 8 Bekasi Jaya Jakarta. di rawat di RS. Petrokimia Driyorejo Gresik. ( mengalami luka nyeri di dada).
  7. An. Triwibianto, lk, 28 th, Alamat Ds. Ketintang Kidul Kec. Bojong Pekalongan. di rawat di RS. Citra Medika Mojokerto. ( luka robek di bibir).
  8. An. M. Nurhuda, lk, 38 th, Alamat Ds. Ketintang Kidul Kec. Bojong Pekalongan. di Rawat di RS. Citra Medika Mojokerto. ( mengalami nyeri dan lecet di pinggang).
  9. An. Tohari, lk, 55 th, Alamat Ds. Wonsorejo RW. 03 Kab. Wongsorejo. dirawat di RS. Citra Medika Mojokerto. ( luka robek di kanan sebelah kiri).
  10. An. Ali Daud, lk, 58 th, alamat jl. Pulau nangka Barat Jakarta Timur. dirawat di RS. Citra Medika Mojokerto. ( luka lecet kaki sebelah kiri dan tangan kiri).
  11. An. Yuliana Tamu Ina, Pr, 22 th, Alamat Ds. Kambatawundu Kab. Sumba Timur.dirawat di RS. Citra Medika Mojokerto. ( luka kaki sebelah kiri).
  12. An. Yani Suharto, lk, 45 th, Alamat Probolinggo. (Sesak dada dan bahu kiri nyeri).
  13. An. Nuraniati, PR, 45 th, Alamat Bogor. ( nyeri dada, lecet pundak kiri).
  14. An. Ketut Muliatama, lk, 35 th, Alamat Denpar Bali. ( nyeri dikepala, leher dan pundak).
  15. An. I Gede Revan, lk, 9 th, Alamat Denpasar Bali. ( luka lecet di pelipis).
  16. An. Abdul Rohman, lk,  51 th, Alamat Probolinggo( nyeri di pundak kanan dan muka di perban).
  17. An. Nia Kurniasih, Pr, 37 th, Alamat Tasikmalaya ( nyeri dada dan muka di perban).
  18. An. Munawaroh, Pr, 45 th, Alamat Denpasar Bali ( nyeri di kaki kanan dan muka di perban serta kaki kanan Patah).
  19. An. Rusdiana sitompul, Pr, 53 th, Alamat Depok Jakarta Timur. ( Patah tangan kiri dan nyeri di kepala).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement