Rabu 27 Nov 2019 02:43 WIB

Rumah tak Layak Huni di Sumedang Direvitalisasi Pemkab

Sebanyak 10 unit rumah tak layak huni di Desa Raharja, Sumedang direvitalisasi

Rep: Djoko Suceno/ Red: Esthi Maharani
Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir menyerahkan kunci rumah yang telah revitalisasi kepada seorang warga
Foto: Dok Pemkab Sumedang
Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir menyerahkan kunci rumah yang telah revitalisasi kepada seorang warga

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Program revitaslisasi rumah tak layak huni (rutilahu) terus dilakukan Pemkab Sumedang. Kali ini sebanyak 10 unit rutilahu di Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, mendapat giliran direvitalisasi. Peresmian rutilahu yang telah direvitalisasi dilakukan Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir, Selasa (26/11).

Secara simbolis, Bupati Sumedang meresmikan rutilahu yang telah direvitalisasi milik Ny Rokayah (65 tahun), warga RW 05, Dusun/Desa Raharja. Ny Rokayah merupakan janda tua yang hidup sebatangkara di rumah yang dalam kondisi rutilahu. Peresmian rumah tersebut sekaligus sebagai soft launching program Rutilahu di Kabupaten Sumedang tahun 2019.

Menurut Donny, total rutilahu di Kabupaten Sumedang pada 2019 sebanyak 1.200 unit rumah. Upaya revitaslisasi, kata dia, sebagai ikhtiar pemkab menyediakan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat. Ia berharap kegiatan tersebut menjadi motivasi  dalam meningkatkan empati terhadap masyarakat yang kurang mampu.

"Mudah-mudahan kita menjadi bagian dalam memberikan perhatian dan kemanfaatan bagi masyarakat tidak mampu karena sebaik-baiknya manusia yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat lainnya," tutur dia.

Bupati berharap, tahun 2023 di Kabupaten Sumedang tidak ada lagi rutilahu dan masalah kemiskinan di Kabupaten Sumedang dapat berkurang."Saya sampaikan pula bahwa tanggal 1 Desember 2019 akan dilaksanakan Grand Launching Rutilahu di halaman Gedung Negara sekaligus Festival Rohman Rohim Peduli Yatim Piatu," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan secara simbolis kunci rumah, peralatan rumah tangga dan uang sebesar 17.500.000, dari Baznas Kabupaten Sumedang kepada Ny Rokayah oleh Bupati Sumedang dan dilanjutkan dengan peresmian Posyandu yang dana pembuatannya berasal dari kegiatan 'Sadar Infak' warga masyarakat dan stake holder lainnya.

Peresmian tersebut dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, para kepala SKPD terkait, para camat dan unsur Forkopimka Kecamatan Tanjungsari, kepala Desa Raharja, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement