Selasa 26 Nov 2019 18:55 WIB

Korban Banjir Solok Selatan Mulai Idap Berbagai Penyakit

Dokter dan perawat sudah disiagakan di masing-masing kecamatan yang terkena bencana.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan pasca terjangan banjir bandang, Selasa (26/11) |
Foto: Dok Humas Pemkab Solok Selatan
Suasana di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan pasca terjangan banjir bandang, Selasa (26/11) |

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO -- Ribuan warga terdampak bencana banjir di Solok Selatan yang terjadi sejak tengah pekan kemarin. Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman mengatakan pihaknya menyiagakan tenaga dokter dan perawat di masing-masing kecamatan yang terkena bencana. Yakni di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kecamatan Sungai Pagu, Kecamatan Pauh Duo dan Kecamatan Sangir. "Iya (warga sudah diserang penyakit). Sudah kami lakukan tindakan pelayanan kesehatan di posko masing-masing. Yang paling banyak di KPGD," kata Novirman kepada Republika.co.id, Selasa (26/11).

Novirman menyebutkan masing-masing kecamatan yang terdampak banjir di Solok Selatan sudah punya posko kesehatan. Tapi untuk posko besar Dinkes Solok Selatan mendirikannya di Balai Adat, Nagari Pakan Rabaa Timur dan di Simpang Salak.

Baca Juga

Novirman menjelaskan dari data yang direkap Puskesmas Muara Labuh, sudah ada 26 warga terdampak bencana banjir mengidap penyakit. Ada yang mengidap sakit kepala, rematoid, arthritis, diare, hipertensi, febris, dan dermatitis.

Di Pakan Rabaa, sudah terdata 38 warga mengidap penyakit. Mulai dari cepalgia, febris, sakit kepala, diare, asma, hingga ispa. Di Lubuk Gadang sudah ada penanganan penyakit enam orang warga pasca bencana banjir. Mereka menderita diare, febris, asma, hipertensi sampai rematik. 

Terakhir di Pakan Salasa sudah ada 16 pasien terdampak bencana banjir. Mereka ada yang menderita ispa, sakit gigi, febris, hipertensi, dispepsia, alergi, cepalgia, diare hingga dermatitis.  "Selain menyiagakan tenaga kesehatan, Dinkes Solok Selatan juga menyiagakan tiga ambulans keliling," ujar Novirman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement