Selasa 26 Nov 2019 05:20 WIB

Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Informasi-Komunikasi

Niken berharap pertemuan ini bisa jadi masukan untuk pemerintah Indonesia.

Forum Information and Communications Joint Committee (ICJC) Meeting di Bali, Senin (25/11).
Foto: Istimewa
Forum Information and Communications Joint Committee (ICJC) Meeting di Bali, Senin (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura kembali melakukan konsolidasi untuk memperkuat kerja sama kedua negara di bidang informasi dan komunikasi dalam forum Information and Communications Joint Committee (ICJC) Meeting di Bali, Senin (25/11).

Pertemuan ini merupakan pertemuan ketujuh sebagai tindak lanjut dari MoU kerja sama bidang informasi dan komunikasi antara Indonesia dan Singapura yang ditandatangani pada 10 September 2007.

Pada pertemuan kali ini, kedua negara sahabat membahas tentang peningkatan kolaborasi melalui pertukaran pejabat informasi dan kehumasan, literasi digital, digital talent dan Perlindungan Data, serta berbagi informasi terkait pelaksanaan Mutual Recognition Arrangement/MRA di bidang sertifikasi telekomunikasi dan Pos.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti menjelaskan pertemuan ICJC kali ini berfokus pada pengembangan kerja sama informasi dan komunikasi di kedua negara untuk menggenjot peningkatan ekonomi melalui pengembangan teknologi.

“Teknologi informasi dan komunikasi adalah alat pengembangan penting yang dapat memberdayakan orang, meningkatkan keterampilan, meningkatkan produktivitas, dan memainkan peran utama dalam mentransformasikan ekonomi negara kita,“ ujar Niken dalam rilisnya, Selasa (26/11).

Ia juga berharap pertemuan ini dapat menjadi bahan masukan bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan sosial dan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

“Pemanfataan teknologi informasi yang tepat dapat meningkatkan kehidupan kita semua. Kita harus terus memelihara industri ini dan melibatkan semua tingkat ekonomi dan masyarakat kita,” kata dia lagi.

“Saya percaya Pertemuan ICJC ini berfungsi sebagai jembatan untuk proses pengembangan, dan memelihara kedua sektor informasi dan komunikasi negara kita,” sambungnya.

Pertemuan ICJC kali ini dibagi ke dalam dua sesi pleno. Pada pembahasan pertama, isu yang diangkat adalah mengenai pertukaran pegawai bidang informasi, literasi digital, dan talenta digital serta perlindungan data. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan kesepahaman kedua negara terkait butir-butir kerja sama dan tindak lanjut dari semua detil kerja sama.

Pada kesempatan yang digelar pada 25-26 November, hadir Sekretaris Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura Yong Ying-I dan Direktur Jenderal Hubungan Internasional Leong Keng Thai beserta puluhan delegasi dari Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement