Selasa 26 Nov 2019 06:37 WIB

SDM 1 Ketelan Raih Juara Sekolah Sehat se-Jateng

SDM 1 Ketelan pun berhak mewakili Jateng mengikuti lomba serupa di tingkat nasional.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Siswa di sekolah membiasakan mencuci untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah (ilustrasi)
Foto: dok. Palyja
Siswa di sekolah membiasakan mencuci untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta meraih juara pertama dalam lomba sekolah sehat se-Jawa Tengah. Penetapan SDM 1 Ketelan sebagai sekolah tersehat disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Atas prestasi tersebut, SDM 1 Ketelan pun berhak mewakili Jateng untuk mengikuti lomba serupa di tingkat nasional.

Tropi juara beserta uang pembinaan Rp 15 juta diserahkan Gubernur Ganjar Pranowo, yang diterima langsung oleh kepala sekolah, Sri Sayekti, bersamaan upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 di SMA Negeri 1 Semarang pada Senin (25/11).

Baca Juga

“Alhamdulillah, kali ini kita berhasil meraih juara pertama, semoga warga sekolah mampu mempertahankan dan mewujudkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” kata Sri Sayekti dalam rilis yang diterima Republika.co.id pada Selasa (26/11).

Sri mengatakan SDM 1 Ketelan sudah mengikuti lomba berjenjang mulai dari kota hingga se-Solo Raya. “Tim penilaian provinsi dari Semarang sudah turun beberapa waktu lalu pada 20 November 2019 untuk memberikan penilaian dan verifikasi terhadap sekolah kami, tiga hal penting yang dibudidayakan sekolah meliputi pendidikan karakter dan agama, cara belajar dan berpikir yang berbeda dan mengasah bakat serta minatnya,” kata Sri Sayekti.

Ia menjelaskan banyak segi yang dinilai oleh tim dalam lomba sehat ini. Mulai dari sarana prasarana meliputi sekolah secara umum, dan yang penting antara lain adanya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kemudian, program UKS berjalan dengan baik seperti pembekalan kepada peserta didik tentang pola hidup sehat.

Selain itu, juga adanya kegiatan dokter kecil dan jika ada kecelakaan ringan dapat segera ditangani. “Kita harapkan dukungan dan doa semoga Solo bisa meraih juara pertama di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu untuk lomba sekolah sehat se-Jateng juara kedua diraih SDN Pekunden Kota Semarang, juara tiga SDN Langensari 02 Kabupaten Semarang, juara empat SDN 1 Semanding Kabupaten Kebumen, juara lima SD Masehi kabupaten Kudus dan juara enam SDN Puhgogor 01 Kabupaten Sukoharjo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement