Senin 25 Nov 2019 22:00 WIB

Festival Serayu 2019 Batal Terlaksana

Pembatalam Festival Serayu 2019 didasadi berbagai pertimbangan,

Rep: Eko Widiyatmo/ Red: Agung Sasongko
Arung jeram di sungai Serayu, Banjarnegara
Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
Arung jeram di sungai Serayu, Banjarnegara

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Agenda wisata Festival Serayu tahun 2019, dipastikan batal dilaksanakan. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani menyebutkan, pembatalan agenda wisata tersebut didasari berbagai pertimbangan.

''Selain masalah teknis, masalah keterbatasan anggaran juga menjadi pertimbangan kami untuk membatalkan pelaksanaan Festival Serayu,'' jelasnya, Senin (25/11).

Dalam agenda wisata 2019, Festival Serayu menjadi salah satu agenda kegiatan wisata yang akan dilaksanakan Pemkab Banyumas. Kegiatan Festival Serayu, selama ini menjadi even tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2007.

Terkait pembatalan agenda wisata tersebut, Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS) Eddy Wahono, justru mengaku bersyukur dengan adanya  pembatalan tersebut. ''Ya, tidak masalah. Dengan pembatalan agenda wisata Festival Serayu, justru membuat kami lebih leluasa menyelenggarakan Festival Serayu yang kami laksanakan secara mandiri,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, saat awal kegiatan Festival Serayu dilaksanakan tahun 2007, penyelenggara dan tanggung jawabnya memang dilaksanakan PMPS. Namun sejak tahun 2010, agenda Festival Serayu dijadikan agenda wisata resmi Pemkab Banyumas.

''Dengan menjadi agenda resmi, maka penyelenggaraannya menjadi lebih ribet. Kita menjadi tidak leluasa mengatur kegiatan. Lebih dari itu, anggaran yang disediakan Pemkab juga hanya bisa membiayai sebagian kecil kegiatan,'' katanya.

Seperti pada penyelenggaraan Festival Serayu 2018, Pemkab hanya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 40 juta. Sementara dana yang dibutuhkan agar penyelenggaraan festival bisa berlangsung meriah, mencapai sekitar Rp 125 juta. ''Kondisi ini, justru menyulitkan kami untuk menyelenggarakan kegiatan,'' jelasnya.

Untuk itu, dia mengaku justru merasa senang, setelah agenda wisata Festival Serayu dibatalkan menjadi agenda wisata Pemkab Banyumas 2019. ''Tidak apa-apa, tahun 2019 tidak ada Festival Serayu 2019. Kita akan selenggarakan secara mandiri pada tahun 2020,'' katanya.

Dia menyatakan, kegiatan Festival Serayu 2020 ini akan digelar sepenuhnya oleh PMPS. ''Waktu pelaksanaannya kita rencanakan pada Bulan April 2020. Bersamaan dengan peringatan Hari Air se Dunia,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement