Ahad 24 Nov 2019 05:20 WIB

Garut Siap Kembangkan Potensi Wisata Petualangan

Garut siap mengembangkan potensi wisata petualangan Cipanas Garut dan Gunung Guntur.

Kawasan cagar alam Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto: Dok BPBD Kab Garut
Kawasan cagar alam Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap mengembangkan potensi wisata alam petualangan di sekitar objek wisata Cipanas Garut atau di kawasan sekitar Gunung Guntur, Garut. Lokasi tersebut diyakini memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan bisa lebih lama berwisata di Garut.

"Dari Cipanas itu ada jalur adventure, ada jalur adventure  bagus di sekitar Gunung Guntur," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Baca Juga

Helmi menuturkan, Pemkab Garut terus berupaya mengembangkan destinasi wisata agar lebih menarik dan membuat wisatawan nyaman selama berwisata di Garut. Salah satunya dengan mengembangkan wisata Cipanas Garut dan sekitarnya dengan harapan wisatawan tidak hanya berwisata satu hari, tetapi bisa sampai tiga hari.

"Kami mengembangkan wisata Cipanas Garut agar orang berwisata ke Cipanas itu jangan satu hari dua hari, mudah-mudahan bisa tiga hari," katanya.

Selain itu, Helmi menyampaikan bahwa di sekitar kawasan Gunung Guntur ada tempat yang menarik untuk dinikmati. Pemandangan alamnya memukau dan pengunjung bahkan bisa melihat matahari terbit maupun tenggelam di sana.

"Di Cikahuripan, pengunjung bisa menikmati sunrise atau sunset," katanya.

Kawasan menarik lainnya, menurut Helmi, ialah sumber air yang selalu menjadi tempat tujuan wisata menuju puncak gunung. Di sekitar Gunung Guntur juga ada air terjun dengan pemandangan yang indah, seperti gunung terbelah, yakni sebelah kiri warna hijau dan sebelah kanan kering.

"Ada pemandangan yang sangat indah karena gunung seperti terpotong, sebelah kiri hijau, sebelah kanan kering," katanya.

Potensi wisata lainnya, kata dia, kawasan perkebunan kopi yang cukup luas, bahkan bisa dijadikan tempat untuk minum kopi bersama di kawasan kebun tersebut.

"Ada kebun kopi sangat luas, bisa dijadikan tempat ngopi juga," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement