Rabu 20 Nov 2019 17:02 WIB

Mencari Sosok Kandidat Wakapolri, Ini Saran CISS

Sosok Wakapolri sangat penting dalam institusi Kepolisian RI.

Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS), Ngasiman Djoyonegoro
Foto: Dok Istimewa
Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS), Ngasiman Djoyonegoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azi harus segera menyiapkan sosok calon Wakil Kepala Polri (Wakapolri) pengganti Komjen Ari Dono yang akan segera pensiun pada Desember 2019 medatang.  

Posisi Wakapolri tentu tidak kalah penting dan strategis untuk menjadi perhatian. Posisi nomor dua di Korps Bhayangkara itu tentu harus merupakan sosok yang tepat karena bertugas mengawal program-program polri.

Baca Juga

Namun, siapakah yang dinilai mumpuni mengisi jabatan tersebut? Pengamat Intelejen, Pertahanan, dan Keamanan Ngasiman Djoyonegoro menyebut setidaknya ada beberapa kriteria yang harus dimiliki Wakapolri ke depan. 

Kriteria tersebut, menurut Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS) itu, adalah integritas, profesional dan berpengalaman serta mampu bekerjasama dengan Kapolri dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian.

"Kriteria Wakapolri itu saya kira yang utama adalah rekam jejak, integritas, dan berpengalaman memimpin polda dengan baik serta yang tak kalah pentingnya memiliki kesamaan visi dengan kapolri membangun kerjasama," ujar pria yang akrab disapa Simon itu dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (20/11).  

Dengan kriteria tersebut diatas, Simon menyebut setidaknya ada empat figur yang menurutnya mumpuni dan patut dipertimbangkan oleh Kapolri Idham Azis.   

Keempat figur tersebut adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Agus Ardianto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, dan Kepala Badan Intelejen dan Keamanan Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto. "Nama-nama tersebut layak dipertimbangkan karena memiliki rekam jejak yang bagus dan profesional serta mumpuni dalam mengemban tugas masing-masing," kata dia.  

 

  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement