Jumat 15 Nov 2019 17:16 WIB

Pemprov DKI Gelar Sejumlah Festival Akhir Pekan Ini

Festival itu diantaranya JakIPA, Jakarta Cosplay Parade 2019, Festival Pesona Lokal

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Monas
Monas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk memeriahkan akhir pekan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar beberapa festival dengan menghadirkan berbagai pertunjukkan dari berbagai penjuru dunia.

Pertama, akan digelar Jakarta International Performing Arts (JakIPA) 2019 yang akan diselenggarakan pada Sabtu (16/11) dan Ahad (17/11) di Plaza Timur Monas Jakarta. Menurut Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin, JakIPA adalah event unik yang mengambil unsur mainstream, seperti teater, tari, musik, film, opera, magic, spoken words, circus arts, recitation, musical theater yang dikembangkan dan mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan dapat beralih ke arah seni kontemporer.

Di samping itu, event JakIPA akan melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni nusantara dengan negara – negara yang menjalin hubungan Sister City dengan Jakarta, maupun performer lain yang diundang untuk tampil bahkan berkolaborasi dengan para artis Jakarta. Di antaranya, dari Berlin (State School of Artistic Berlin), Budapest, Beijing, dan Moskow (Moscow Art Group Dance Ensemble Junost).

“Dengan demikian diharapkan akan terciptanya 'mutual cultural understanding', dan JakIPA menjadi event rutin dan ikonik dalam Pop Culture Jakarta, serta nama Jakarta akan lebih mendunia dan dapat mempromosikan citra Jakarta sebagai kota kosmopolitan yang modern dan berbudaya," jelas Dadang.

Kedua, Jakarta Cosplay Parade 2019, event bertaraf internasional yang akan dilaksanakan pada hari Ahad (17/11) di Lapangan Monas Silang Barat, dengan mengangkat tema 'Indonesia Universe'. Jakarta Cosplay Parade 2019 akan menyajikan lomba untuk berbagai kategori bagi Cosplayer, dengan hadiah senilai lebih dari Rp. 134 juta dan akan diikuti sekitar 1.000 Cosplayer dari DKI Jakarta, bahkan dari wilayah luar Jakarta.

Para peserta harus tampil memukau untuk menarik nilai para Juri yang juga merupakan Cosplayer yang telah diakui prestasinya di kancah Internasional, seperti Erlan Bakabon, Frea Mai, Sora Hua, dan Echow Eko. Tak hanya itu, event ini juga akan mendatangkan Cosplayer kenamaan dari 6 negara sahabat, yaitu Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, dan Vietnam.

Kehadiran mereka tentunya menjadi daya Tarik tersendiri bagi pecinta Cosplay di Indonesia, yang akan menyapa penggemar mereka di Indonesia dalam 'Meet & Greet dengan Cosplayer Mancanegara'. Serangkaian event cosplay tersebut akan ditutup dengan Parade Cosplay terbesar di Indonesia yang akan mengitari area monas dan sekitarnya.

Ketiga, Festival Pesona Lokal (FPL) Jakarta,  yang akan menampilkan sajian beragam aktivitas untuk mengangkat budaya Betawi dan kearifan lokal Provinsi DKI Jakarta. FPL akan berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Sabtu (16/11).

Festival Pesona Lokal akan menampilkan Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal. Acara juga akan dimeriahkan oleh artis ibukota Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca.

"Ini merupakan penutup dari rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan di 7 kota besar di Indonesia dari Agustus hingga November 2019  di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta," kata Dadang.

Dalam rangkaian acara FPL ini turut diberikan penghargaan khusus, yaitu Kota Paling Mempesona dan Provinsi Paling Mempesona. Acara penganugerahan akan disiarkan pada program Adikreasi yang akan tayang secara live di RCTI pada Ahad (17/11) pukul 14.00.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement