Jumat 15 Nov 2019 11:04 WIB

Kemenkes dan Good Doctor Bangun Ekosistem Digital Kesehatan

Kolaborasi ini diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)

Rep: Agung P Vazza / Red: Maman Sudiaman
Menkes dr Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan dr Adhiatma Gunawan (kiri), Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, di sela penandatanganan kolaborasi penyediaan layanan kesehatan berbasis digital.
Foto: Dok Good Doctor Technology Indonesia
Menkes dr Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan dr Adhiatma Gunawan (kiri), Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, di sela penandatanganan kolaborasi penyediaan layanan kesehatan berbasis digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi digital kini mulai menyentuh layanan kesehatan. Kementerian Kesehatan pun berkolaborasi dengan 'Good Doctor', sebuah platform kesehatan online berbasis teknologi. Kolaborasi ditandai dengan nota kesepahaman terkait pelayanan kesehatan berbasis aplikasi.

Kolaborasi ini diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dan penyelenggaraan Parade Inovasi Kesehatan 2019 dengan tema 'Membangun Ekosistem Digital Kesehatan untuk Hidup Lebih Sehat'. Kolaborasi mencakup pengembangan layanan kesehatan berbasis aplikasi, termasuk pengembangan fitur-fitur. Selain itu juga membangun ekosistem digital bidang kesehatan dan meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas untuk masyarakat. Pada kesempatan yang sama Kementerian Kesehatan juga meluncurkan SehatPedia 2.0, sebuah inisiatif dalam ekosistem kesehatan digital.

"Kemitraan ini membawa era baru di bidang layanan kesehatan, diawali dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif yang diharapkan menurunkan biaya layanan kesehatan," ungkap Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto, dalam keterangan pers 'Good Doctor', baru-baru ini di Jakarta. Kementerian Kesehatan, sambungnya, menyadari pentingnya kemitraan dengan praktisi industri teknologi kesehatan seperti Good Doctor Technology Indonesia, guna mempercepat kemajuan sistem layanan kesehatan dalam negeri.

Sedangkan, dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, menegaskan kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen Good Doctor mendukung misi Kementerian Kesehatan memajukan pelayanan kesehatan berbasis aplikasi. "Kehormatan bagi kami, terpilih masuk dalam satuan kerja Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kemampuan layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi."

Menurut Adhiatma, kolaborasi ini sejalan dengan visi 'Satu Dokter Satu Keluarga' di Indonesia. Dia berharap melalui kerja sama ini pihaknya mampu mendukung SehatPedia 2.0, aplikasi rintisan Kementerian Kesehatan guna memfasilitasi masyarakat terkait informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan tepercaya. Good Doctor, sambungnya, akan terus berkolaborasi dengan berbagai institusi kesehatan, untuk memperkuat ekosistem kesehatan digital di Indonesia yang terpercaya, andal, kredibel, inovatif, dan aman.

Good Doctor merupakan platform layanan kesehatan berbasis teknologi dengan fokus menyediakan solusi kesehatan medis lengkap untuk setiap keluarga. Good Doctor bermitra dengan Grab, menyediakan layanan GrabHealth, menghadirkan tiga jenis layanan yaitu: layanan konsultasi kesehatan online dengan mitra dokter, layanan e-commerce untuk produk kesehatan dan kebugaran, serta artikel-artikel informatif tentang kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi tim mitra dokter. Semua layanan Good Doctor diberikan tenaga profesional Indonesia yang dijamin kredibilitas dan kualitasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement