Jumat 15 Nov 2019 00:43 WIB

Pohon Raksasa di Wonogiri Terpaksa Ditebang

Pohon raksasa itu ditebang karena sudah lapuk dan rawan tumbang

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar
Para personil yang terlibat penebangan berfoto di depan pohon Gadog raksasa di Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri.
Para personil yang terlibat penebangan berfoto di depan pohon Gadog raksasa di Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -- Sebuah pohon raksasa jenis Gadog selama ini tumbuh di Kelurahan Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Disebut raksasa karena ukurannya sangat besar. Terlihat mencolok dibandingkan pohon lain di sekitarnya.

Jika diukur ketinggian pokok pohon mencapai 25 meter. Sedangkan garis lingkar pohon adalah empat meter.

Namun pohon raksasa itu kini telah ambruk, dipotong oleh pihak terkait. Alasannya sudah mati lapuk, dan rawan tumbang.

“Potensi rawan tumbang pohon tersebut dimungkinkan akan berdampak di tiga unit bangunan rumah warga sekitar, berikut penghuninya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (14/11/2019).

Penebangan pohon raksasa itu, jelas dia, dilaksanakan 13 Nopember 2019. Kegiatan itu dilaksanakan BPBD dibantu oleh perangkat desa setempat personil TNI/Polri serta relawan.

Mengingat besarnya dan ketinggian pohon serta kondisi kelapukan, pemotongan dilakukan dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. Pohon Gadog akhirnya dapat dirobohkan sekitar satu setengah jam dengan kondisi aman. Aria

The post Ini Penampakan Pohon Gadog Raksasa Setinggi 25 Meter di Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Namun Akhirnya Dipotong Karena Rawan Tumbang appeared first on Joglosemar News.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement