Ahad 10 Nov 2019 22:18 WIB

DMI Papua Dorong Masjid Biak Punya Program Ekonomi

Memakmurkan masjid bisa berdampaik pada ekonomi warga di sekitarnya.

Salah satu masjid umat Islam di Jalan Sultan Hassanudin, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Rabu (7/2).
Foto: Republika/Muhyiddin
Salah satu masjid umat Islam di Jalan Sultan Hassanudin, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Rabu (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Ketua Umum Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Papua Prof Hasan Basri Umar mendorong setiap masjid di Kabupaten Biak Numfor mempunyai program-program ekonomi untuk memakmurkan masjid serta meningkatkan fungsi kegiatan ekonomi untuk masyarakat di sekitarnya.

"Ketika masjid makmur dengan kegiatan keagamaan, maka ekonomi warga di sekitar dapat berdampak," katanya pada dialog dengan pengurus DMI Biak di Kantor Yapis Biak, Ahad (10/11).

Baca Juga

Ia mengatakan, fokus utama kepengurusan DMI tetap akan memakmurkan masjid dengan melakukan dakwah, pengajian agama serta memperingati hari-hari besar Islam. "Tapi yang perlu diperhatikan DMI bersama takmir masjid akan bekerja sama untuk menjadikan dan membawa jamaah menjadi makmur, baik secara lahir maupun batin," ujarnya.

Untuk mewujudkan harapan umat, menurut Prof Hasan Basri, pengurus DMI Biak diminta dapat mengelola masjid dengan manajemen yang baik, misalnya punya koperasi, serta kegiatan-kegiatan pos pemberdayaan ekonomi umat yang berbasis masjid. Prof Hasan Basri berpesan agar takmir atau pengurus masjid dalam menjalankan program memakmurkan masyarakat harus ikhlas, mau berkorban waktu, dan tenaga untuk kemaslahatan umat.

"Karena jika tugas pengurus DMI Biak dijalankan dengan ikhlas, semuanya menjadi mudah dan Allah SWT memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka," ujar dia.

Pada dialog Ketua DMI Papua Prof Hasan Basridengan umat dipandu oleh Ketua DMI Biak Saepuddin dipaparkan program kerja DMI, di antaranya menyiapkan pembinaan manajemen masjid, pembentukan wadah ikatan khatib Biak, kepemilikan sertifikat masjid, dan memerhatikan masalah ibadah, khususnya shalat lima waktu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement