Ahad 03 Nov 2019 16:58 WIB

Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

Kawasan Jakarta dan sekitarnya akan mengalami peralihan musim.

Rep: Amri Amrullah./ Red: Muhammad Hafil
Bersepeda Saat Hujan. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Bersepeda Saat Hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan pada Ahad (3/11) siang hari. Warga diminta tetap waspada dengan perubahan cuaca.

Kasubag Hubungan Pers dan Media BMKG, Dwi Rini Endra Sari mengatakan, pagi hari wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah berawan. 

Baca Juga

"Siang hari hujan ringan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Dini hari hujan ringan di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat," ujarnya, Ahad (3/11)

Dwi menyebutkan, suhu udara hari ini berkisar antara 24 hingga 32 derajat celcius, kelembaban udara 65 sampai 90 persen dan kecepatan angin Barat Laut - Tenggara lima hingga 20 kilometer per jam.

"Waspadai potensi hujan disertai kilat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada siang dan sore hari," imbuhnya.

Selain Jakarta, beberapa wilayah berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir di Jabodetabek pada pkl.16:10 WIB diantaranya di Sawangan, Bojonggede, Sukmajaya, Cimanggis, Cibinong, Gunung Putri, Cileungsi. dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Pancoranmas, Beji, Limo, Pondok Gede, Jonggol, Setu, Kedunghalang, Semplak, Parung, Citeureup, Gunung Sindur, Bogor Utara, Tanah Sareal, Bogor Barat, Dramaga, Ciampea, Rumpin, Jasinga, Tenjo, Ciomas, Bogor Tengah, Bogor Timur, Pamulang.

Kemudian ke Cibarusah, Cariu, Serang, Jaga Karsa, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, Serpong, Cisoka, Tigaraksa, Ciputat, Cilandak, Pasar Minggu, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.18:10 WIB.

BMKG sebelumnya menyebut kawasan Jabodetabek akan memasuki awal peralihan musim, dari kemarau ke musim penghujan jelang November 2019 ini. Beberapa wilayah di Jakarta pada beberapa hari lalu sudah mulai diguyur hujan, namun masa-masa pancaroba masih terjadi di beberapa wilayah di Jawa termasuk di Jabodetabek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement