Ahad 03 Nov 2019 05:10 WIB

Kementrian PUPR akan Tata Kawasan Pariwisata di Sulut

Tempat wisata di Sulut termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andri Saubani
Tepian pantai di Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (17/12).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Tepian pantai di Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat wisata di Sulawesi Utara yakni Pulau Bunaken dan Pantai Paal termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Manado-Likupang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan menata lokasi pariwisata yang juga masuk ke dalam pengembangan lima Bali baru tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu. "Ini baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk," kata Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (2/11).

Pembangunan secara terpadu tersebut menurutnya akan dilakukan melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW). Dia menuturkan, hal tersebut juga dilanjutkan dengan perencanaan teknis penataan kawasan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Basuki menjelaskan Penataan KSPN Manado-Likupang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik. Selain itu juga menciptakan pariwisata bahari yang kental dengan budaya lokal dan representatif bagi wisatawan berkelas dunia.

Dia menambahkan penataan kawasan Pulau Bunaken dilakukan dengan merenovasi tourism trail yang meliputi mangrove trail, beach walk, dan boulder. "Fasilitas permukiman meliputi gerbang permukiman, jalur pedestrian dan kendaraan, jalur kendaraan depan lapangan olah raga, penerangan jalan, dan street furniture," tutur Basuki.

Basuki memastikan, Kementerian PUPR juga membangun kawasan dermaga wisata yang meliputi ruang penerima tamu, bangunan terminal, ruang budaya, landmark, galeri wisata serta parkir untuk ojek dan becak motor hingga homestay untuk percontohan. Menurutnya penataan Pulau Bunaken saat ini dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan dianggarkan sebesar Rp 52,7 miliar dari APBN TA 2020.

Untuk penataan Pantai Paal yang berada di Desa Likupang, Minahasa Utara, Kementerian PUPR pada 2020 akan menganggarkan Rp 88,2 miliar untuk beberapa pekerjaan penataan. Beberapa diantaranya seperti entrance dan landmark, area parkir dengan kapasitas 96 kendaraan, penataan PKLdan pembangunan souvenir shop sebanyak 205 kios hingga sanitasi dan air bersih serta menara pengawas.

"Dukungan infrastruktur ini selain memperindah Pantai Paal sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara, juga akan meningkatkan kenyamanan dan kapasitas pengunjung hingga lima ribu orang perhari," ungkap Basuki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement