Sabtu 02 Nov 2019 00:18 WIB

Fahira Idris Laporkan Akun Ade Armando ke Polisi

Foto editan tersebut dinilai disertai dengan narasi yang cemarkan nama baik Anies.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Fahira Idris.
Foto: ANTARA FOTO
Fahira Idris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris melaporkan sebuah akun Facebook atas nama Ade Armando ke Polda Metro Jaya. Laporan terkait dugaan perubahan terhadap bentuk dokumen dan atau informasi elektronik pada foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Fahira mengaku mengetahui unggahan tersebut pada Jumat (1/11) saat bertugas di kantornya. Ia menyebut, akun Facebook atas nama Ade Armando menggunggah foto Anies Baswedan yang diubah atau diedit menjadi foto tokoh Joker.

Baca Juga

"Foto (yang diunggah) di Facebook-nya Ade Armando adalah foto Gubernur Anies Baswedan yang merupakan dokumen milik Pemprov DKI atau milik publik yang diduga diubah menjadi foto seperti (tokoh) Joker," kata Fahira di Polda Metro Jaya usai membuat laporan polisi, Jumat malam.

Tidak hanya itu, sambung Fahira, foto Anies Baswedan tersebut juga disertai tulisan yang diduga mencemarkan nama baik Anies Baswedan. "Foto itu juga diunggah dengan kata-kata atau narasi yang mengarah pada pencemaran nama baik yakni 'Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat'," ungkap Fahira menirukan tulisan dalam unggahan tersebut.

Laporan tersebut telah terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019. Dalam laporannya, Fahira membawa sejumlah barang bukti. Di antaranya tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade Armando itu.

Pasal yang disangkakan dalam laporan tersebut adalah Pasal 32 Ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement