Kamis 31 Oct 2019 14:47 WIB

Pencari Kerang Tenggelam di Sungai Serayu

Korban berhasil ditemukan dalam kondisi sudah meninggal.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Teguh Firmansyah
Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Seorang warga yang sedang mencari kerang kecil di Sungai Serayu, meninggal akibat tenggelam, Kamis (31/10). Korban diketahui bernama Wawan alias Salim (28), warga Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

''Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal setelah tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban di lokasi kejadian, di Sungai Serayu yang mengalir di wilayah Desa Losari Kecamatan Rawalo,'' jelas Koordinator Tagana Banyumas, Adi Candra.

Baca Juga

Berdasarkan keterangan warga di sekitar lokasi, korban diketahui mencari kerang kecil di Sungai Serayu Desa Losari, sejak pukul 06.00. Saat itu, korban mencari kerang bersama rekannya, Sunaryo (30) warga Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

''Hingga pukul 08.30, keduanya sebenarnya sudah mendapatkan kerang sebanyak satu karung. Namun karena dinilai masih pagi, mereka berdua sepakat melanjutkan kegiatannya agar kerang yang diperoleh bisa lebih banyak,'' kata Adi Candra.

Namun saat mereka berdua kembali turun ke sungai, Wawan terperosok ke lokasi sungai yang memiliki kedalaman sekitar lima meter. ''Saat itu, korban sempat berteriak minta tolong dan kepalanya timbul tenggelam di permukaan air,'' jelasnya.

Sunaryo dan beberapa penambang pasir yang berada di sekitar lokasi, langsung berusaha mendekat ke lokasi kejadian untuk menolong korban. Namun saat didekati, tubuh korban sudah tidak terlihat lagi.

Perangkat desa yang mendapat laporan kejadian ini, segera meneruskan laporan tersebut ke pihak terkait untuk membantu melakukan pencarian korban.

''Dengan menggunakan perlengkapan selam, kami langsung melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian. Setelah dilakukan pencarian selama dua jam, tubuh korban akhirnya ditemukan di dasar sungai dan dievakuasi ke atas perahu. Namun kondisi korban sudah meninggal dunia,'' kata Adi Candra. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement