Jumat 01 Nov 2019 05:52 WIB

SDM Berkualitas Jadi Tantangan Majalengka di Segitiga Rebana

Tingkat SDM berkualitas di Majalengka masih di bawah rata-rata Jabar

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Dialog Ekonomi bertema Percepatan Pembangunan Pusat Ekonomi Baru Kawasan Segitiga Rebana yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon.
Dialog Ekonomi bertema Percepatan Pembangunan Pusat Ekonomi Baru Kawasan Segitiga Rebana yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon.

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Majalengka Yayan Sumantri menyebut, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi salah satu tantangan terbesar Pemkab Majalengka menuju perwujudan Kawasan Segitiga Rebana.

Dalam konteks ini, pihaknya menghadapi kesulitan menjawab permintaan tenaga kerja berkualitas dari pelaku industri.

"SDM menjadi tantangan yang luar biasa berat bagi kami. Sedih rasanya ketika ada perusahaan yang butuh tenaga kerja, tapi ternyata kompetensinya tidak sesuai," ujar Yayan dalam Dialog Ekonomi bertema Percepatan Pembangunan Pusat Ekonomi Baru Kawasan Segitiga Rebana yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon.

Dia mengungkapkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Majalengka masih di bawah rata-rata Jabar. Lama sekolah anak-anak di Majalengka pun rata-rata delapan tahun dari target program pendidikan 12 tahun.

Menjawab tantangan itu, pihaknya meyakinkan, tengah memetakan SDM yang akan disesuaikan dengan kebutuhan industri yang berkembang di Majalengka maupun Kawasan Segitiga Rebana kelak.

Ia memandang, Kawasan Segitiga Rebana akan meyakinkan banyak pihak. Kabupaten Majalengka juga layak diperhatikan dan menjadi tujuan investasi.

"Berdasarkan data BPS, pada 2017 pertumbuhan ekonomi Majalengka tertinggi di Jabar. Sejumlah ahli juga memperkirakan, trennya pun akan terus naik di tahun-tahun mendatang," paparnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement