Selasa 29 Oct 2019 09:13 WIB

Kebakaran Kembali Terjadi di Gunung Ciremai

Api di Gunung Ciremai terlihat sejak kemarin.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Kebakaran Hutan
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan. Padahal, kebakaran yang sebelumnya terjadi pada pekan lalu baru padam.

‘’Api diketahui mulai terlihat pada Senin (28/10) pukul 10.34 WIB,’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Selasa (29/10).

Baca Juga

Agus menjelaskan, kebakaran kali ini terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus. Hingga Senin (28/10) pukul 22.30 WIB, api masih menyala.

Upaya pemadaman pun terus dilakukan pada malam hari di empat titik api. Hingga Selasa (29/10) pagi, upaya pemadaman masih terus dilakukan.

 

Seperti diketahui, karhutla di Gunung Ciremai sebelumnya terjadi pada Senin (21/10). Kebakaran saat itu bermula di wilayah BTNGC Blok Curug Cipeuteuy, Blok Batu Situmpuk dan Blok Al Azariah Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

 

Di hari yang sama, api juga diketahui menyala di Desa Cikaracak, Kecamatan Argapura dan Wilayah Awilega. Api pun meluas hingga ke Gunung Ciremai yang masuk wilayah Kabupaten Kuningan.

 

Karhutla di Gunung Ciremai, baik yang masuk wilayah Kabupaten Majalengka maupun Kabupaten Kuningan, dinyatakan padam pada Sabtu (26/10). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement