Kamis 24 Oct 2019 17:24 WIB

Gibran Temui Megawati, Ini Respons Rudyatmo

Gibran ingin maju dalam Pilkada Kota Solo sebagai calon dari PDIP.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo
Foto: Republika/Andrian Saputra
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia F.X. Hadi Rudyatmo menganggap sah-sah saja putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri. Diketahui, Gibran ingin maju dalam Pilkada Kota Solo sebagai calon dari PDIP.

"Gibran kader partai ketemu Ketua Umum PDIP sah-sah saja, tidak ada larangan," kata Rudyatmo di Rumah Dinas Loji Gandrung Wali Kota Surakarta, Kamis (24/10).

Baca Juga

Gibran yang bakal maju pada Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 mendatangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, untuk mendaftarkan diri melalui partai berlambang kepala banteng moncong putih itu. Menurut Rudyatmo, pihaknya menilai pertemuan tersebut merupakan hal biasa dalam organisasi partai.

Menyinggung soal rekomendasi sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Rudyatmo mengatakan, soal itu kewenangan DPP PDIP yang memutuskan. "Kalau saya terbuka siapa saja yang mau bertemu Ketum Megawati, boleh dan tidak ada yang menghalang-halangi," katanya.

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta yang diajukan ke DPP oleh DPC PDIP, kata dia, adalah Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Hal ini atas usulan dari bawah, yakni anak ranting dan PAC.

"Calon yang diajukan penugasan dari partainya, pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa, dari anak ranting dan PAC, sedangkan DPC PDIP hanya membawa usulan dari bawah ke DPP," katanya.

DPC PDIP Surakarta tidak mengajukan nama Gibran sebagai calon wali kota karena dari lima PAC di Solo sepakat menugasi pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Menurut dia, pihaknya akan memberikan keputusan tersendiri terkait dengan rekomendasi DPP PDIP. Siapa pun yang ditunjuk partainya bakal maju pada Pilkada Kota Solo.

Gibran Rakabuming Raka, hari ini menyampaikan keseriusannya untuk maju pada Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. "Banyak hal yang saya sampaikan, keadaan di Solo seperti apa, dan saya sampaikan keseriusan untuk maju," kata Gibran usai bertemu Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Kamis (24/10).

Selain itu, Gibran juga memberikan klarifikasi terkait dengan informasi yang beredar bahwa dirinya akan maju pilkada lewat jalur independen. "Saya sudah punya KTA PDIP, saya sampaikan juga kepada Bu Mega bahwa saya tidak akan maju lewat jalur independen, seperti yang dikatakan di Solo kemarin," kata Gibran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement