Rabu 23 Oct 2019 14:09 WIB

Usai Dilantik Jokowi, Tito dan Tjahjo Sertijab Mendagri

Tjahjo meyakini Tito dapat lebih baik dalam memimpin Kemendagri

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenderal Polisi Purnawirawan Tito Karnavian resmi mengemban tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Tito melakukan serah terima jabatan dengan pejabat Mendagri sebelumnya Tjahjo Kumolo di Gedung Kemendagri usai pelantikan di Istana Presiden, Rabu (23/10).

Tjahjo menyampaikan selamat bertugas kepada Tito selaku Mendagri yang baru. Ia meyakini Tito dapat lebih baik dalam memimpin Kemendagri terutama dalam sektor keamanan dan ketertiban di daerah.

"Saya merasa lima tahun ini yang belum (kurang) adalah menjaga stabilitas kambtibnas daerah. Kalau ada permasalahan timbul, baru ada koordinasi. Saya yakin dengan pengalaman Pak Tito yang sukses berkoordinasi bersama TNI dan lainnya, dapat membangun stabilitas yang ada dengan cepat," ujar Tjahjo dalam sambutannya.

Sementara itu, Tito mengatakan kesiapan dirinya mengemban tugas sebagai Mendagri. Ia juga akan langsung bekerja sesuai dengan karakteristik Jokowi, tentunya juga dengan bantuan jajaran Kemendagri.

"Saya mengharapkan dukungan dari seluruh jajaran untuk sama-sama kita membaktikan diri kepada pemerintah, bangsa dan masyarakat. Sesuai tugas pokok fungsi yang dibebankan pada Kemendagri," ujar Tito," kata dia.

Sejumlah jajaran Kemendagri hadir saat sertijab serta pejabat tinggi Polri hadir untuk mendampingi Tito. Diantaranya Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) sekaligus Plt Kapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Agung Budi Maryoto, dan Kapala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Idham Azis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Jenderal (Purn) Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Jokowi mengatakan Tito bertanggung jawab terhadap urusan di daerah. Jokowi juga berpesan Tito mengurusi kepastian hukum di daerah terkait invenstasi.

"Bapak Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Jokowi mengatakan Tito bertanggung jawab terhadap urusan di daerah. Berikutnya, Jokowi juga berpesan Tito mengurusi kepastian hukum di daerah terkait investasi.

Sementara itu, Tjahjo Kumolo ditugaskan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) 2019-2014.

Sebelumnya, Tito Karnavian adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Ia memasuki masa purnatugas usai diberhentikan melalui sidang paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (22/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement