Rabu 23 Oct 2019 05:40 WIB

Bogor Dilanda Suhu Udara Panas Tiga Hari ke Depan

Udara panas di Kota Bogor bahkan mencapai 36 derajat celcius

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Pejalan kaki menggunakan topi untuk mencegah terkena hawa panas
Pejalan kaki menggunakan topi untuk mencegah terkena hawa panas

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Udara panas yang tak biasa telah dirasakan di wilayah kota dan kabupaten Bogor sejak Senin (21/10).

Berdasarkan data BMKG, udara panas di Kabupaten Bogor berada pada angka 30.3 derajat Celsius dengan kelembaban udara 27 persen. Sementara di Kota Bogor suhu udara tercatat hingga 36 derajat Celcius.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Citeko Asep Firman Ilahi mengatakan, udara panas ini diprediksi akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

AYO BACA : Flyover RE Martadinata Bogor Diresmikan Akhir 2019

"Sekitar 2-3 hari ke depan, perkiraan sih hari Jumat sudah hujan di sebagian Jabar bagian barat," ujar Asep saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (22/10/2019).

Asep mengatakan selama tiga hari ke depan tidak hanya wilayah Bogor yang akan merasakan cuaca panas, namun juga wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

AYO BACA : Ade Yasin Minta Jokowi Dukung Pembangunan Jalur Puncak Dua

"Suhu udaranya jika di dataran rendah Jabotabek sekitar 36-37 derajat celcius dan di tempat lain suhu naiknya 3 derajat celcius dari rata-rata suhu di hari biasa," kata Asep.

Dia mengatakan bahwa udara terasa panas saat ini disebabkan oleh posisi matahari yang baru saja bergulir ke arah selatan setelah berada tegak lurus di pulau Jawa.

"Ditambah lagi dengan peluang hujan yang masih rendah karena aliran masa udara dari timur masih kuat, sehingga mempersulit pertumbuhan awan hujan. Kondisi ini menyebabkan kelembaban udara di permukaan sangat rendah. Suhu udara tinggi dan kelembaban rendah menyebabkan udara gerah, panas menyengat dan sangat tidak nyaman," kata Asep.

AYO BACA : Diisukan Jadi Wakil Menteri, Bima Arya: Pikiran Saya Hanya di Bogor

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement