Rabu 23 Oct 2019 00:37 WIB

PLN Jatim Dukung Perkembangan Ekonomi Kreatif dan UMKM

PLN meresmikan Rumah Kreatif BUMN binaan PLN yang berlokasi di Pacitan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur baru saja meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Blitar, Kamis (15/8). 
Foto: dok. PLN UID Jatim
PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur baru saja meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Blitar, Kamis (15/8). 

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur terus mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Salah satunya dengan meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan PLN yang berlokasi di Pacitan, tepatnya di lingkungan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pacitan.

Senior Manager General Affairs PLN UID Jatim A Rasyid Naja berharap, RKB Pacitan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM. Terutama untuk mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing–masing.

"Serta bisa menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Pacitan dan sekitarnya. Tumbuhnya UMKM di bawah payung RKB Pacitan ini harapannya akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat," kata Rasyid melalui siaran persnya, Selasa (22/10).

Rasyid melanjutkan, diresmikannya Rumah Kreatif BUMN binaan PLN melalui PLN Peduli ini sejalan dengan rencana pemerintah daerah Pacitan dalam upayanya untuk digitalisasi usaha UMKM. Utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa. Diakuinua, dukungan dari dinas terkait pun menjadi sangat berarti untuk memajukan UMKM yang berada dibawah naungan RKB Pacitan ini.

RKB Pacitan yang dikelola oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, kata dia, nantinya bekerja sama dengan Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina) Pacitan. Yakni untuk melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin, dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM.

Peresmian RKB Pacitan sangat disambut baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. Adanya RKB PLN ini, dirasa sangat membantu pelaku UMKM dalam pemasaran produknya. Selain itu, program RKB Pacitan yang memberi pelatihan–pelatihan dirasa bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Ini penting untuk peningkatan kualitas SDM parapelaku UMKM yang tergabung dalam RKB ini,” kata salah seorang pemilik UMKM minuman herbal Dwi Puji Astuti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement