Jumat 18 Oct 2019 23:15 WIB

Puskesmas Sawangan Latih 100 Kader Mengisi SIPP Kling

Aplikasi SIPP Kling merupakan upaya kesehatan masyarakat berbasis teknologi digital.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi layanan puskesmas.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi layanan puskesmas.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Puskesmas Sawangan, Kota Depok, melatih 100 kader kesehatan untuk mengisi Sistem Informasi Pemetaan Profil Kesehatan Lingkungan (SIPP KLING). Aplikasi SIPP Kling merupakan upaya kesehatan masyarakat berbasis teknologi digital.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari, nantinya para kader dengan aplikasi yang sudah tersedia akan melakukan pendataan profil kesehatan lingkungan yang langsung diinput ke aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga akan mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan.

"Kalau sudah aktif tentu akan memudahkan kami untuk melihat kondisi kesehatan lingkungan di wilayah. Kami beri pelatihan ke kader kesehatan di Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru," ujar Naweng di Puskesmas Sawangan, Kota Depok, Jumat (18/10).

Naweng menyatakan, aplikasi SIPP Kling digunakan oleh para kader yang ada di Puskemas Sawangan. Para kader akan mengisi daftar isiian yang menjadi bank data.

Dari data itu, pihaknya dapat mengetahui berapa warga yang sudah menerapkan PHBS. Selanjutnya, puskesmas bakal melakukan pembinaan bahkan bantuan agar warga menerapkan PHBS di rumah. "Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan. Begitu pula yang dilakukan Puskesmas Sawangan," jelas Nawang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement