Kamis 17 Oct 2019 23:20 WIB

Pelestarian Seni Budaya Wujud Nyata Bela Negara

Kemenhan menilai pagelaran budaya merupakan salah satu wujud nyata bela negara

Nora Ryamizard Ryacudu
Nora Ryamizard Ryacudu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekayaan budaya dan seni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan bukti nyata Indonesia sebagai negara yang kuat bersatu. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai adat-istiadat warisan budaya bangsa, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI senantiasa terus menjaga serta menumbuhkembangkan berbagai bentuk potensi guna meyakinkan setiap warga negara Indonesia tetap setia dan cinta tanah air. 

Terkait hal tersebut, Nora Ryamizard Ryacudu mengajak kepada seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan Kemenhan untuk melestarikan budaya seni adat-istiadat daerah Nusantara agar terus dipertahankan. Nora menyampaikan, berbagai pertunjukan seni dan pagelaran budaya yang telah ditampilkan ibu-ibu DWP Kemenhan selama ini sejatinya merupakan salah satu dari wujud nyata bela negara.

"Merasa bangga bahwa kegiatan ini harus terus dijalankan dan digalakkan dengan pola dan pedoman yang sesuai dengan konsep Bela Negara dan cinta tanah air melalui berbagai karya nyata termasuk seni budaya," ucap dia di acara Silaturahmi DWP Kemenhan bertajuk "Dengan Beragam Budaya, Bersatu Menuju Indonesia Unggul" berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/10).

Perlu diketahui DWP Kemenhan sejauh ini telah menggelar pegelaran seni budaya yang hampir genap 34 provinsi se-Indonesia. Namun pencapaian tersebut bukanlah merupakan akhir dari perjalanan dalam mewujudkan arti bela negara yang sesungguhnya. "Hampir tidak ada yang lewat, kita urut dari tiap-tiap provinsi secara bergantian," ucapnya.

Nora berharap terwujud satu pemahaman bahwa DWP Kemenhan memiliki potensi yang tersimpan dan siap digerakan kapan pun untuk kepentingan negara dan untuk kemajuan nusa dan bangsa.

"Dengan semangat kreatifitas yang terus ditingkatkan, saya percaya bahwa suatu hari nanti kita dapat memperbesar forum yang ada sekarang ini dengan tidak hanya terbatas pada anggota DWP Kemenhan saja," ucap istri Menhan Ryamizard Ryacudu itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement