Selasa 15 Oct 2019 12:11 WIB

Kapolres: Terduga Teroris Amir Baru JAD Cirebon

Terduga teroris di Cirebon merupakan Pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Yus atau YF, terduga teroris di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, merupakan Amir atau Pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto menyebut, Yus yang diamankan Tim Densus 88 Antiteror Polri bersama Polres Cirebon di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, pada Minggu (13/12/2019) malam, merupakan pimpinan baru JAD Cirebon.

AYO BACA : Terduga Teroris Kedua yang Ditangkap di Cirebon Juga Terafiliasi JAD

"Dia (Yus) adalah pimpinan atau Amir JAD Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon yang baru," katanya seusai penggeledahan ulang oleh Tim Puslabfor Mabes Polri di kediaman Yus di Desa Bojong Lor, Senin (14/10/2019) sore.

Namun, pihaknya masih mendalami berapa lama Yus bertindak sebagai Amir. Saat disinggung misi yang diemban Yus atau kemungkinan adanya gerakan yang akan dilakukan JAD Cirebon dalam waktu dekat, Suhermanto menyatakan, perkara kasus ini merupakan kewenangan Densus.

AYO BACA : Terduga Teroris Kembali Diamankan di Cirebon, Polisi Temukan Cairan Kimia

"Hasil penggeledahan kami (Polres Cirebon) enggak melihat. Polres Cirebon dalam hal ini hanya membantu saja," ujarnya.

Dia menyebutkan, penggeledahan kali ini diperlukan sebagai tindak lanjut hasil penggeledahan sehari sebelumnya. Dalam penggeledahan pertama, Tim Densus menemukan bahan kimia dari dalam rumah Yus.

Suhermanto tak menampik, bahan kimia yang ditemukan itu disinyalir sebagai bahan peledak. "Dimungkinkan bahan peledak," kata dia.

Selain melakukan pengecekan, menurutnya, Tim Puslabfor pun melakukan olah tempat kejadian perkara serta menyisir kembali kediaman Yus. Setelah diamankan petugas, dia mengatakan Yus kini telah dibawa ke Mabes Polri, Jakarta.

AYO BACA : Terduga Teroris di Cirebon Disinyalir Ikut Jaringan JAD

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement