Selasa 15 Oct 2019 06:20 WIB

Sejumlah Warga Mengaku Sudah Menduga YF Terlibat Terorisme

Warga menyebut YF tertutup terhadap lingkungan sehingga terkesan radikal

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Densus 88 menangkap terduga teroris berinisial YF
Densus 88 menangkap terduga teroris berinisial YF

JAMBLANG, AYOBANDUNG.COM -- Densus 88 Antiteror Polri bersama dengan Polres Cirebon menggeledah rumah terduga teroris YF, Ahad (13/10). Sejumlah warga yang mengenal YF mengaku sudah menduganya terlibat terorisme.

Perkiraan itu di antaranya berkaitan dengan senapan angin yang kerap dibawanya. Dia dikenal memiliki keahlian menembak burung.

Selain itu, sikap YF yang tertutup terhadap lingkungan sekitar menambah kesan dugaan keterlibatannya dalam gerakan radikal.

"Udah nyangka sih (diduga terlibat terorisme), disapa suka diem aja," ungkap seorang tetangga yang enggan disebutkan namanya, Senin (14/10).

AYO BACA : Terduga Teroris Kembali Diamankan di Cirebon, Polisi Temukan Cairan Kimia

Sikap tertutup yang ditunjukkan YF pun diungkapkan pula tetangga lain, Sri Sugiarti.

YF yang tinggal bersama sang istri An dan seorang anak mereka yang masih duduk di bangku SD, dikatakan Sri, tak pernah saling bersilaturahmi dengannya saat lebaran tiba. Padahal mereka sudah bertetangga sekira 12 tahun.

"Seinget saya, enggak pernah (YF dan istri datang ke rumah Sri) untuk silaturahmi lebaran. Kalau saudara istrinya (yang tinggal tak jauh dari rumah Yus dan bersebelahan dengan rumah Sri) sih suka datang ke rumah saya atau saya datang ke rumahnya kalau lebaran," bebernya.

Saking tertutupnya, Sri mengaku tak pernah bertemu YF dan istri pada saat-saat lain, seperti tarawih maupun salat Id, ketika biasanya banyak warga bertemu dan salat berjamaah.

AYO BACA : Terduga Teroris di Cirebon Disinyalir Ikut Jaringan JAD

Suami Sri pun mengaku, YF tak aktif dalam kegiatan warga setempat.

Sementara itu, warga lainnya, Tanto, menyebut, istri YF di Desa Bojong Lor merupakan istri kedua.

"Jumlah anaknya tiga, dari istri pertama dua anak dan dari istri kedua ini satu anak," tuturnya.

YF diketahui diamankan Tim Densus 88 Antiteror bersama Polres Cirebon pada Minggu (13/10/2019) malam di Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon.

Tak hanya mengamankan YF, petugas menggeledah kediamannya di Desa Bojong Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, hingga Senin (14/10/2019) dini hari.

Penggeledahan itu mengundang penasaran warga sekitar yang mengerumuni area sekitar kediaman YF.

Saat penggeladahan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya cairan kimia, buku tauhid, panah, senapan angin, dan lain-lain.

AYO BACA : Setelah Wiranto Ditusuk, Densus 88 Tangkap 22 Tersangka Teroris

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement