Sabtu 12 Oct 2019 06:24 WIB

Area Parkir Sepeda Tersedia di Kantor Pemerintahan Jakut

Area parkir itu dilengkapi marka dan conblock berkapasitas enam unit sepeda.

Rep: Adam Maulana Sarja/ Red: Andi Nur Aminah
 Pegawai PNS Provinsi DKI Jakarta naik sepeda berangkat ke Kantor Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/1).   (Republika/Yasin Habibi)
Pegawai PNS Provinsi DKI Jakarta naik sepeda berangkat ke Kantor Balaikota DKI Jakarta, Jumat (3/1). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah kantor pemerintahan di wilayah Jakarta Utara, mulai dari wali kota, kecamatan hingga kelurahan, saat ini sudah dilengkapi area parkir sepeda. Pantauan Republika.co.id, area parkir sepeda tersebut sudah dilengkapi dengan marka dan conblock dengan kapasitas enam unit sepeda.

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid mengatakan, parkir khusus sepeda disediakan tepat di depan kantor lengkap dengan marka logo sepeda pada conblock dan penyangga. “Itu parkir khusus masyarakat yang datang berkunjung. Kalau khusus ASN dan petugas ada di belakang kantor,” kata Mumu, Jumat (11/10).

Baca Juga

Lurah Koja, Friemelda Novarita mengungkapkan, kantornya juga sudah dilengkapi parkir khusus sepeda sejak pekan lalu. Parkir khusus sepeda yang dilengkapi besi penyangga berkapasitas enam sepeda ini merupakan hasil kreativitas petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan. “Ini sekarang saya ada di RW 08 pakai sepeda. Menyontohkan masyarakat agar turut menggunakan sepeda jika jaraknya aktivitasnya dekat,” kataya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Jakarta Utara, Manson Sinaga menjelaskan, penyiapan lahan parkir sepeda merupakan bagian dari kampanye penggunaan sepeda untuk mengurangi polusi udara. Sehingga ia menyebut, ke depan masyarakat lebih memilih beralih menggunakan sepeda untuk aktivitas sehari-hari maupun berjalan kaki untuk jarak dekat.

"Penyiapan di masing-masing kantor kita serahkan lurah dan camatnya untuk merealisasikan. Tapi untuk kantor yang renovasi tahun ini dan ke depan kita yang siapkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement