Sabtu 12 Oct 2019 01:01 WIB

Tiga Warga Kelurahan Grogol Terserang Penyakit Kusta

Ketiga pasien masih berpeluang untuk sembuh secara sempurna.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Aksi damai memperingati hari kusta internasional di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Adin/c
Aksi damai memperingati hari kusta internasional di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Puskesmas Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, menemukan ada tiga warga Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, positif terjangkit penyakit kusta yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae. Dokter Puskesmas Limo, dr Parminto mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penanganan terhadap tiga orang pasien penyakit kusta yang berobat dan masih rawat jalan.

"Ketiga pasien masih berpeluang untuk sembuh secara sempurna. Jika persentase penyebaran bakteri belum merembet ke syaraf. Pasien tidak akan mengalami cacat, semua tergantung antisipasi dini para penderita penyakit kusta untuk memeriksakan diri dan berobat secara medis," kata dia, Jumat (11/10).

Menurut Parminto, penanganan para pasien penyakit kusta sama dengan penanganan pasien umum lainnya. Hanya saja, penanganan pengobatan penyakit kusta lebih membutuhkan ketelitian dan kesabaran. "Tidak ada yang berbeda hanya butuh ketelatenan dan kesabaran, terutama bagi penderita dan keluarganya," tuturnya.

Parminto menambahkan, kondisi perkembangan penanganan pasien, semua sudah memenuhi standar. "Semua sudah sesuai dengan standar," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement