Sabtu 12 Oct 2019 04:00 WIB

Ayo, Liburan Seru di Destinasi Digital Puri Bambu

Destinasi digital Puri Bambu dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Destinasi digital Puri Bambu resmi diluncurkan, Jumat (11/10).
Destinasi digital Puri Bambu resmi diluncurkan, Jumat (11/10).

CIMENYAN, AYOBANDUNG.COM--Destinasi digital di Jawa Barat kembali bertambah. Sebab destinasi digital Puri Bambu resmi diluncurkan, Jumat (11/10). 

Terletak di Bojong Koneng, Cimenyan, Kabupaten Bandung, destinasi digital ini diresmikan langsung Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya.

Dengan hadirnya destinasi digital Puri Bambu ini, kaum milenial tentu makin punya banyak pilihan saat berwisata. Apalagi, destinasi digital ini menyanjikan apa yang dibutuhkan kaum milenial.

"Destinasi digital tersebut menyajikan konten yang jarang ada. Spot-nya juga instagramable, di sana ada tiga beautifull view. Ada hutan bambu, spot sunrise, dan city light. Kulinernya banyak, hiburannya juga selalu ada," kata Arief.

Kadispar Kabupaten Bandung Agus Firman Zaelani, mengatakan pada peluncuran Puri Bambu digelae pertunjukan budaya, live music, workshop, hingga sajian kuliner khas Cimenyan Bandung.

"Kesenian yang ditampilkan bertema bambu dan alat musik kreatif lainnya. Hal ini sesuai dengan nama destinasi digital Puri Bambu yang menjadi tempat kreatifnya anak muda. Ada tarawangsa, tari merak, angklung Saung Mang Udjo, dan lainnya menghibur pengunjung," ujarnya.

Soal kuliner juga sudah pasti lengkap. Cimenyan sendiri terkenal dengan potensi kuliner berupa tape singkong atau peuyeum dan madu. Selain itu, ada olahan pangan lain dari singkong, jagung, tepung beras, dan sayur sayuran serta umbi-umbian. 

Di pasar ini juga dihadirkan minuman tradisional yaitu bandrek dan bajigur dan kopi yang berasal dari Jawa Barat.

"Kami mengambil tema ‘Destinasi Digital Puri Bambu’ dengan maksud supaya kegiatan  bisa terintegrasi. Dengan format destinasi digital, ke depannya bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya di lokasi acara. Serta menciptakan destinasi baru untuk wisatawan di kawasan Bandung utara," tuturnya.

Tak hanya mengangkat destinasi digitalnya, pengambilan tema juga ditujukan untuk terus memperkenalkan bambu sebagai salah satu material lokal. 

Tak heran, jika keseluruhan bangunan di destinasi ini didominasi oleh material bambu. 

Untuk melindungi sekaligus mempercantik tampilannya, bambu-bambu ini dicat dengan menggunakan produk Propan Woodstain, yang diproduksi oleh Propan Raya.

Selain Propan Woodstain, produk cat Propan lainnya yang mempercantik Destinasi Digital Puri Bambu adalah Sicosol (batu alam), Propan Acrylux (kayu finishing solid), Decorshield (dinding tembok), dan Ultraproof (homepot).

“Sesuai dengan misi kami, Propan Raya selalu siap mendukung pembangunan Indonesia termasuk mengembangkan dan melestarikan pariwisata Indonesia. Semoga dengan hadirnya beragam cat Propan, akan mempercantik sekaligus melindungi semua bangunan di sini, dari mulai bangunan utama, amphitheater, bahkan hingga ke fasilitas umum seperti musala dan toilet,” ucap Direktur Propan Raya, Yuwono Imanto.

Bagi Anda yang tertarik mendatangi destinasi ini, jangan khawatir akses menuju Cimenyan tidaklah susah dan relatif bebas dari macet meski saat liburan. Apabila Anda datang dari Jakarta,keluar tol Pasteur, lewati Gedung Sate, lalu lurus mengikuti Jl. Surapati, belok ke Jl. Cikutra, terus belok ke Bojong Koneng, sampe deh lokasi. Amenitasnya juga lengkap dengan dukungan penginapan dan hotel di sekitar lokasi destinasi.

"Tujuan utama kita memang ingin memeratakan kunjungan wisatawan agar tidak menumpuk di Bandung selatan. Apalagi di Bandung utara destinasinya juga tidak kalah oke," jelas Agus.

Tak dapat dipungkiri jika Puri Bambu memang keren. Destinasi ini adalah sebuah taman wisata yang terletak di timur kota Bandung. Tepatnya berada di area perbukitan-perbukitan. Nuansa pegunungan begitu terasa di tempat ini.

Pemandangannya ciamik. Dari timur wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan alam. Sedangkan dari arah selatan wisatawan akan disuguhi pemandangan kota. Gemerlap lampu di malam hari bakal menambah syahdunya tempat ini. Jadi jangan lupa datang dan nikmati destinasi digital Puri Bambu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement