Jumat 11 Oct 2019 02:00 WIB

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Hutan Kawah Putih

Polda Jabar sudah menerjunkan tim ke lapangan.

Sejumlah relawan berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Kawah Putih, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10).
Foto: Abdan Syakura
Sejumlah relawan berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Kawah Putih, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Kasus kebakaran hutan di Kawah Putih, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, mulai diselidiki penyidik Polda Jabar. Dalam menangani kasus ini, Polda Jabar membackup Polres Bandung.

"Tim Polda Jabar mulai diterjunkan ke lapangan untuk melakukan penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada para wartawan, Kamis (10/10).

Baca Juga

Menurut Truno, hasil penyelidikan tim di lapangan nantinya akan dianalisa. Jika dari hasil analisa tersebut ada unsur pidananya maka penyidik akan mengembangkannya. Sampai saat ini tim masih melalukan penyelidikan dan hasilnya belum bisa disampaikan.

Dikatakan Truno, selain membantu penanggulangan kebakaran hutan Kawah Putih, Polda Jabar bersama Polres Bandung kini tengah melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. Ia mengatakan, ada beberapa faktor penyebab kebakaran ini, yaitu alam karena musim kemarau.

Ia mengatakan, faktor lainnya yaitu faktor manusia, baik disengaja maupun tidak. Misalnya, kata dia, manusia m membuang puntung rokok sembarangan yang mengenai barang mudah terbakar seperti alang-alang.

Penyebab lainnya bisa juga karena sampah berupa botol plastik dan botol kaca yang bisa menyebabkan timbulnya api. "Kami juga lakukan imbauan pada wisatawan agar tetap menjaga lingkungan saat mengunjungi Kawah Putih," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement