Rabu 09 Oct 2019 18:56 WIB

Terdengar Ledakan Sebelum Batu Besar Menghujani Rumah Warga

Di Purwakarta tiba-tiba bebatuan berukuran besar menggelinding ke rumah warga

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Sejumlah warga Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, menyatakan, sempat terdengar ledakan sebelum terjadinya peristiwa bebatuan yang menghujani rumah warga di daerah itu.

"Kalau suara ledakan sebenarnya itu sering didengar, karena kita tahu ada kegiatan pertambangan," kata Asep, salah seorang warga Desa Sukamulya, di Purwakarta, Rabu (9/10/2019).

Warga kaget karena setelah terdengar suara ledakan, tiba-tiba bebatuan berukuran besar menggelinding bawah hingga menimpa sejumlah rumah warga dan sekolah.

Saat kejadian, katanya, warga setempat kaget dan berteriak histeris setelah melihat dari atas tebing menggelinding batu besar ke arah pemukiman.

AYO BACA : Sejumlah Rumah di Purwakarta Tertimpa Batu Besar dari Ledakan Galian C

Kejadiannya terjadi pada Selasa (8/9/2019). Diduga peristiwa itu terjadi akibat aktivitas pertambangan di dekat permukiman warga.

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan peristiwa bebatuan yang menghujani rumah warga itu akibat aktivitas blasting atau peledakan batu yang dilakukan perusahaan tambang, PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).

"Ada tujuh rumah milik warga dan satu bangunan sekolah di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta yang rusak setelah dihujani batu besar dari atas Gunung Cihandeuleum," kata Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran setempat Wahyu Wibisono.

Ia mengatakan, bebatuan yang menghujani rumah warga itu dampak dari aktivitas blasting atau peledakan batu yang dilakukan oleh PT MSS.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement