Rabu 09 Oct 2019 14:58 WIB

Kebakaran dari Kawah Putih Menjalar ke Pasirjambu

Kebakaran di Kawah Putih mulai padam.

Suasana kebakaran di kawasan Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (7/10). Kebakaran terjadi hari ini masih berlangsung hingga malam hari.
Foto: netizen
Suasana kebakaran di kawasan Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (7/10). Kebakaran terjadi hari ini masih berlangsung hingga malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menghanguskan lahan di Kawah Putih, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat mulai padam. Kebakaran di Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10).

Namun, kini kebakaran menjalar ke wilayah Kecamatan Pasirjambu. "Hasil dari pemantauan Selasa malam kemarin, titik api di seputaran Kawah Putih sudah tidak terlihat sehingga kegiatan pendinginan menggunakan pemadam kebakaran dihentikan untuk sementara," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (9/10).

Baca Juga

Meski demikian, tim gabungan akan kembali melakukan patroli pemantauan titik api sebagai antisipasi jika api kembali menyala. "Selanjutnya tim gabungan melaksanakan patroli sesuai pembagian tiga grup di tiga titik api pascakebakaran, yakni Sunan Ibu, Cipanganten dan Sunan Rama," kata dia.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Achmad Djohar mengatakan, api yang asalnya menghanguskan Kawah Putih itu kini menjalar ke wilayah Kecamatan Pasirjambu. "Pasirjambu kena, itu rembetan apinya dari Patuha di Kawah Putih," kata Achmad.

Sebelumnya, kepolisian menyatakan luas lahan yang terbakar di Kawah Putih mencakup kurang lebih 15 hektare. Api tersebut menghanguskan alang-alang, lahan gambut dan pepohonan kering di kawasan wisata Bandung Selatan itu.

Hingga saat ini, polisi belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Untuk itu, polisi sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Kawah Putih Bandung adalah sebuah kawasan wisata danau yang merupakan kawah hasil letusan Gunung Patuha di Jawa Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement