Rabu 09 Oct 2019 12:20 WIB

Rumah Empat Lantai di Dago Ludes Terbakar

Penyebab kebakaran diduga karena api yang berasal dari kompor salah seorang penghuni.

Rep: Muhammad Fauzi Rdwan/ Red: Andi Nur Aminah
Rumah empat lantai yang ludes dilahap api di Kawasan Jalan Dago Asri, Bandung, Rabu (10/10)
Foto: Muhammad Fauzi Ridwan/Republika
Rumah empat lantai yang ludes dilahap api di Kawasan Jalan Dago Asri, Bandung, Rabu (10/10)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rumah empat lantai di jalan Dago Asri, Kota Bandung termasuk dua sepeda motor ludes hangus terbakar sekitar pukul 05.56 WIB, Rabu (9/10). Diduga, penyebab kebakaran terjadi karena api yang berasal dari kompor salah seorang penghuni yang tengah digunakan untuk memasak.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, A Kurnia mengungkapkan bagian rumah yang terbakar berada di lantai dua hingga empat. Kemudian dua sepeda motor milik salah seorang penghuni ikut ludes terbakar.

Baca Juga

"Menurut keterangan yang ngontrak, saat sedang memasak ditinggal. Pas kembali sudah ada kepulan asap dan api," ujarnya melalui keterangan, Rabu (9/10). Kerugian sendiri, menurutnya belum bisa ditaksir. Namun aset yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 2 miliar lebih.

Ia mengungkapkan, pengontrak, Devina (23) sempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Termasuk meminta bantuan warga memadamkan api. Namun api terus membesar.

Menurutnya, pihaknya menerjunkan satu unit pancar UPT Utara, lima unit Pancar Mako Pusat, satu unit Pancar UPT Barat, satu unit pancar UPT Selatan, tiga unit tangki, dua unit rescue dan satu unit komando. "Petugas langsung melakukan penyekatan dan pemadaman secara menyeluruh pada objek rumah yang terbakar. Serta melakukan pendinginan," katanya.

Kurnia mengimbau agar warga lebih berhati-hati. Serta dianjurkan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Ia mengatakan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement