Selasa 08 Oct 2019 18:52 WIB

Kebakaran Kawah Putih Ciwidey Diduga karena Puntung Rokok

Lahan yang terbakar kurang lebih 15 hektare.

Suasana kebakaran di kawasan Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (7/10). Kebakaran terjadi hari ini masih berlangsung hingga malam hari.
Foto: netizen
Suasana kebakaran di kawasan Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Senin (7/10). Kebakaran terjadi hari ini masih berlangsung hingga malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Kawah Putih Ciwidey, Desa Suguhmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menurut dugaan sementara dipicu puntung rokok.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena puntung rokok. Sampai saat ini, kebakaran ditaksir sudah menghanguskan lahan kurang lebih 15 hektare," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Supriyatno di Bandung, Selasa (8/10).

Baca Juga

Koordinasi penanggulangan kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey sudah dilakukan dengan BPBD Bandung, kepolisian, TNI, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, Pengelola Wisata Kawah Putih, dan sukarelawan. "Kami terus berkoordinasi dengan BPBD setempat dan menunggu permintaan mereka dalam menangani kebakaran Kawah Putih. Dari BPBD Jabar ada empat personel yang turun ke lokasi kejadian," kata Supriyatno.

Berdasarkan data BPBD Jawa Barat, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10) sekitar pukul 14.00 WIB. Titik awal api diduga berada di kawasan Sunan Ibu.

Menurut Supriyatno, api yang membakar area di kawasan Kawah Putih belum bisa dipadamkan dan angin membuat kebakaran meluas. Petugas membuat parit dan melakukan penyiraman agar api tidak merembet ke area lain.

"Sulit memadamkan api di daerah pegunungan. Angin yang besar dan sulit diprediksi arahnya membuat area kebakaran semakin luas. Maka itu, pemadaman paling efektif menggunakan helikopter yang membawa air dalam jumlah besar," katanya.

Namun Supriyatno memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Objek wisata Kawah Putih ditutup sementara untuk penanganan kebakaran, apalagi menurut laporan yang diterima BPBD, api sudah merambah kebagian barat Kawah Putih.

"Di musim kemarau ini, titik panas atau hotspot terus meningkat jumlahnya. Maka itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarang, membakar sampah, dan mulai menghemat air," kata Supriyatno.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement