Selasa 08 Oct 2019 17:02 WIB

Pelajar dan Guru di Depok Diserukan Bawa Bekal

Dengan membawa bekal, pelajar tak jajan sembarangan dan sampah pun bisa berkurang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua harus kreatif menyiapkan bekal sekolah agar anak tidak merasa dipaksa melahap makanan sehat.
Foto: Flickr
Orang tua harus kreatif menyiapkan bekal sekolah agar anak tidak merasa dipaksa melahap makanan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Jawa Barat meminta sekolah mengimbau anak didiknya untuk membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah. Dengan begitu, para pelajar tidak jajan makanan sembarangan di luar sekolah.

"Kami minta pihak sekolah mengimbau siswanya untuk membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah. Ini sebagai upaya untuk membudayakan hidup sehat dan bersih," ujar Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin di Balai Kota Depok, Selasa (8/10).

Baca Juga

Thamrin menjelaskan, tidak hanya siswa yang diajak untuk membawa bekal. Para guru dan staf sekolah juga mendapat seruan yang sama.

"Kami harap ajakan ini dilaksanakan oleh semua elemen di sekolah, siswa, guru, staf dan juga kepala sekolah," kata Thamrin.

Menurut Thamrin, membawa bekal makanan dan minuman dari rumah juga dapat menjadi langkah mengurangi sampah, terutama sampah plastik yang menjadi masalah bagi lingkungan. Ia megingatkan semua satuan pendidikan untuk membudayakan gerakan mengurangi sampah plastik.

"Gerakan ini sudah digagas di beberapa sekolah baik SD maupun SMP di Kota Depok," tuturnya.

Kepala SDN 30 Mekarjaya, Kristianti mengatakan, pihaknya sudah meminta siswa untuk membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah. Upaya ini diterapkan agar menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

"Kami sudah menyampaikan agar setiap anak membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Kedepan secara bertahap, kami berharap tidak ada lagi siswa yang jajan makanan di luar sekolah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement