Rabu 09 Oct 2019 08:44 WIB

Bangun Command Center, Jabar Anggarkan Rp 5,2 Miliar

Command center Jabar ditargetkan dibuka bulan Desember

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Command Center Jawa Barat
Command Center Jawa Barat

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menganggarkan Rp 5,2 miliar untuk membangun Command Center baru di kawasan Gedung Sate, Kota Bandung. Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat Setiaji, rencananya pada bulan Desember 2019 ini akan diluncurkan. Karena, pembangunan sudah dimulai sejak tiga pekan lalu.

"Targetnya pada bulan Desember ini mudah-mudahan bisa kita launching," ujar Setiaji, Selasa (8/10).

Pemprov Jabar sendiri, memang sudah meluncurkan command center yang diresmikan saat di masa jabatan mantan Gubernur Ahmad Heryawan pada 11 Mei 2018 lalu. Namun, menurut Setiaji, command center yang telah ada tersebut akan digunakan untuk penanganan sungai Citarum.

"Jadi command center ini kita ngebangun baru, untuk lokasi tetap di Gedung Sate hanya beda blok dengan yang sudah ada," katanya.

AYO BACA : Optimalisasikan Kinerja ASN, Pemprov Jabar Bakal Terapkan E-RK

Menurut Setiaji, selain lebih luas desain command center baru ini akan disesuaikan dengan zaman yang lebih futuristik. Hal itu senada dengan command center yang dimiliki oleh Kota Bandung.

"Kalau command center yang kemarin kan cuma sedikit ruangannya. Kalau ini seperti di Kota Bandung, selain bentuknya yang lebih futuristik terus ada juga galeri-galeri," katanya.

Nantinya, kata dia, akan ada beberapa ruangan pada command center ini selain ruang kerja unit pusat layanan digital servis. Selain itu, ada juga ruangan untuk memutar berbagai video tentang provinsi Jabar.

Selain itu, kata dia, command center yang sedang dalam pengerjaan ini nantinya dapat diakses oleh masyarakat sebagai tempat wisata baru di kawasan Gedung Sate. Sehingga, masyarakat bisa datang untuk  melihat dan mengenal digital literasi.

AYO BACA : Pemprov Jabar Kirim Tim Verifikasi untuk Pulangkan Warga dari Papua

"Sebagai edukasi juga. Kami menginformasikan produk-produk digital Pemprov Jabar dan masyarakat bisa turut berpartisipasi," katanya.

Setiaji menjelaskan, fungsi Command Center memonitor beberapa indaktor. Misalnya, sebagai penanganan bencana dan informasi seperti mengenai trafic jalan dan lain-lain.

"Untuk tender Rp 5,2 miliar itu juga kam beserta peralatan-peralatan yang nantinya ada di dalam command center," katanya.

Tahun 2019 ini pun, kata dia, pihaknya pun akan membangun command center di empat kabupaten, yaitu di Indramayu, Garut, Pangandaran dan Cirebon. Sementara di 2020, diproyeksikan ada 9 command center yang bakal didirikan.

Pemprov Jabar, kata dia, memilih daerah yang belum punya command center dan yang sudah siap melaksanakannya. "Karena mereka (Kabupaten Indramayu, Kabupaten, Garut, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Cirebon) sudah menyiapkan perangkat SDM," katanya.

AYO BACA : Pemprov Jabar Komitmen Lestarikan Permainan Tradisional

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement