Selasa 08 Oct 2019 01:44 WIB

Makan Sendirian Bantu Kurangi Asupan Makanan Harian

Makan bersama memiliki efek yang kuat pada peningkatan asupan makanan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Makan Pizza. Ilustrasi
Foto: Express.co.uk
Makan Pizza. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah penelitian baru menyarankan orang yang mengurangi asupan makanan untuk makan sendirian. Sebab menurut penelitian, yang diterbitkan dalam America Journal of Clinical Nutrition, makan bersama dengan teman dan keluarga memiliki efek yang kuat pada peningkatan asupan makanan.

“Kami menemukan bukti kuat orang makan lebih banyak saat mereka makan dengan teman dan keluarga daripada saat sendirian,” kata pemimpin penelitian Helen Ruddock dari University of Birmingham di Inggris, seperti yang dilansir dari Indian Express, Senin (7/10).

Baca Juga

Para peneliti mengevaluasi 42 studi yang ada di social dining. Norma sosial mungkin mengizinkan makan berlebihan di perusahaan, tetapi terasa sangsi ketika makan sendirian.

Pun, menyediakan makanan dikaitkan dengan pujian dan pengakuan, serta memperkuat ikatan sosial. Para peneliti lebih menamai fenomena makan lebih banyak dengan teman dan keluarga sebagai fasilitasi sosial.

Studi sebelumnya menemukan mereka yang makan dengan orang lain mengkonsumsi hingga 48 persen lebih banyak, daripada pengunjung tunggal. Wanita dengan obesitas 29 persen lebih banyak makan ketika bersama-sama daripada saat makan sendirian.

Efek fasilitasi sosial pada perilaku makan tidak diamati di seluruh studi asupan makanan di antara orang-orang yang tidak kenal baik.

“Orang-orang ingin menyampaikan kesan positif pada orang asing. Memilih porsi kecil dapat menjadi sarana untuk melakukan hal itu dan ini mungkin mengapa fasiltasi sosial untuk makan kurang terlihat di antara kelompok orang asing,” kata Ruddock.

Para peneliti menjelaskan melalui peran pemburu-pengumpul kuno berbagi makanan karena memastikan distribusinya adil.

“Dalam kasus fasilitasi sosial, kami telah mewarisi mekanisme yang sekarang memberikan pengaruh kuat pada asupan makanan yang tidak sehat,” ujar para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement