Senin 07 Oct 2019 20:19 WIB

68 Warga Jabar di Papua Minta Dipulangkan

Sebagian warga Jabar telah mengungsi ke Kota Sentani, Jayapura.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 68 warga Jawa Barat di Papua minta dipulangkan.
68 warga Jawa Barat di Papua minta dipulangkan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah kericuhan pecah di Kota Wamena, puluhan warga Jawa Barat yang berada di Papua meminta dipulangkan. Sebagian warga Jabar telah mengungsi ke Kota Sentani, Jayapura.

Warga asal Jabar yang saat ini tinggal di Papua, mencapai lebih dari 1.000 orang. Mereka bekerja sebagai PNS, TNI/Polri, pedagang, hingga sopir. 

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Jabar Dodo Suhendar, berdasarkan data yang dihimpun Tim Dinas Sosial Provinsi Jabar, di Papua per 6 Oktober 2019, warga yang memilih pulang berjumlah 68 orang.

AYO BACA : Pemerintah Minta Guru yang Mengungsi Kembali ke Wamena

Dengan rincian warga Kabupaten Garut sebanyak 18 orang, Kabupaten Majalengka (2 orang), Kabupaten Sukabumi (7), Kota Bandung (4), Kabupaten Bandung (4), Kabupaten Kuningan (2), Kabupaten Tasikmalaya (5), Kabupaten Sumedang (8), Kabupaten Subang (8), Kabupaten Purwakarta (3), Kota Bogor (4), dan Kabupaten Indramayu (3). Pemulangan 68 warga Jabar tersebut rencananya dilakukan dalam satu kloter pada Selasa (8/10/2019) dengan bantuan biaya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jabar dan Daarut Tauhid (DT) Peduli.

Dodo mengatakan, mayoritas warga yang bertahan baik di Kota Wamena maupun Papua tersebut menyesuaikan imbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar warga tak perlu eksodus keluar Wamena. Pemulangan terhadap puluhan warga Jabar sendiri menjadi bagian dari tugas Pemprov melalui Dinas Sosial dan JQR untuk membantu pemerintah pusat dalam mengatasi masalah sosial dan kemanusiaan.

AYO BACA : Wiranto Akui Pengungsi Wamena Masih trauma

Dodo pun berharap mereka yang memilih pulang bisa mendapatkan fasilitas untuk modal kerja setelah kembali ke tempat asalnya. "Untuk pemberdayaan sepulang dari Papua, akan kami usulkan kepada Pak Gubernur untuk mendapatkan modal bantuan," ujar Dodo, Senin (7/10/2019).

Selain melakukan inventarisasi warga Jabar, kata dia, tim dari Dinas Sosial juga sudah memberikan laporan kepada gubernur terkait kondisi pengungsi di Sentani maupun Wamena. "Alhamdulillah (pengungsi) sehat. Ada partisipasi bantuan dari masyarakat Jabar di (berbagai wilayah) Papua, terutama makanan bagi mereka yang mengungsi," kata Dodo.

AYO BACA : Anggota Paguyuban Sunda Pilih Bertahan di Wamena

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement