Senin 07 Oct 2019 12:43 WIB

Titik Api di Gunung Malabar dan Gunung Singa Masih Menyala

Petugas sedang melakukan pemadaman api.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Kebakaran di Gunung Malabar.
Kebakaran di Gunung Malabar.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM --  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyatakan, beberapa titik api di Gunung Malabar dan Gunung Singa masih terpantau menyala. Saat ini, pihak petugas tengah melakukan assessment dan pemantauan untuk melakukan pemadaman kembali.

AYO BACA : Lahan Gunung Malabar Terbakar, Kepulan Asap Masih Terlihat

"Gunung Malabar beberapa titik (api) jam delapan malam kemarin sudah padam sekitar 11 hektare. Tapi koordinasi sama warga menyala kembali dan diperkirakan juga siang terjadi. Di sana banyak kayu besar," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin, Senin (7/10/2019).

AYO BACA : Kebakaran Hanguskan Sejumlah Bangunan dan Kendaraan di Malabar

Dia menambahkan, kebakaran kembali terjadi di Gunung Singa, Minggu (6/10/2019) malam sekira pukul 23.00 WIB. Menurutnya, kemungkinan titik api masih ada sebab bara api masih terpantau menyala.

"Masih ditangani dua lokasi tadi. Kalau di Gunung Malabar masuk ke tiga kecamatan, di Arjasari dan di Puntang yang ditangani kemarin. Di Gunung Singa di Soreang," katanya.

Dia mengungkapkan, penyebab kebakaran diperkirakan karena kondisi cuaca panas akibat musim kemarau. Selain itu, di dua gunung tersebut kondisinya kering dan gundul serta banyak ilalang yang rentan terbakar.

"Personel tiap hari sepuluh orang diterjunkan. Ada kejadian dua dibagi jadi dua tim," katanya.

AYO BACA : Malabar: Sentra Sepeda Bekas di Kota Bandung

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement