Sabtu 05 Oct 2019 16:30 WIB

Produk UMKM di Kota Depok Rambah Pasar Modern

Pemkot Depok fasilitasi produk UMKM dengan pasar modern.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Dana bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)
Foto: www.inilahjabar.com
Dana bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok sudah merambah pasar modern, salah satunya yakni produk makanan ringan berbendera Zahra dari Kecamatan Sawangan. Produk makanan ringan tersebut mampu merambah pasar modern seperti Carrefour dan Transmart se-Jabodetabek dengan omzet Rp 14 juta per bulan.

"Produk kami sudah masuk ke Carrefour dan Transmart di Jabodetabek," ujar Trias Runiasari Madaningsih, pemilik UMKM Zahra yang ditemui saat acara Gelar Produk UMKM Juara di halaman Balai Kota Depok, Jumat (4/10).

Baca Juga

Dia menjelaskan, kerja sama dengan pihak Carrefour dan Transmart tersebut dijembatani oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok. Perjanjian tersebut dimulai sejak 2017 dengan ditandatangani nota kesepahaman (MoU) oleh pihak-pihak terkait. Sampai 2019, sudah ada 20 cabang Carrefour dan Transmart di Jabodetabek yang menjual produk dari UMKM Zahra.

Adapun produk ungulan dari UMKM Zahra adalah Stik Sutra Ibu Koki, cheese stick yang terbuat dari tepung ketan dengan tiga varian rasa: original, wijen, dan bayam. Khusus untuk varian rasa bayam, merupakan bentuk inovasi untuk mengenalkan sayuran kepada anak-anak.

"Jadi, kalau anak-anak kecil yang tidak suka sayuran, secara tidak langsung dia telah mengonsumsi sayuran dengan makan Stik Sutra Ibu Koki ini," jelas Trias.

Menurut Trias, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan acara Gelar Produk UMKM Juara, karena acara tersebut sangat berpengaruh pada peningkatan omzet harian UMKM dan berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tetap terus mendampingi para pelaku usaha. "Harapannya Pemkot Depok tetap menjadi sahabat UMKM, karena kami merasa termotivasi," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement